Selasa, 07 September 2010

LIPAMS (Liputan Amlapura Sehari)

Amlapura, 07 September 2010

Longsor di Bukit Sang Hyang Ambu
Timbulkan Macet 4 Jam                                                                                                                       

Ratusan kendaraan di Bukit Sang Hyang Ambu, Selasa (7/9) harus rela menunggu hingga hampir 3 jam agar dapat lewat menuju Amlapura ataupun Denpasar. Panjang kemacetan yang hampir mencapai 3 km tersebut diakibatkan longsornya tanah di Bukit Sang Hyang Ambu. Gerusan tanah dan bebatuan sebagai hasil longsor hampir memenuhi seluruh badan jalan. Akibatnya, tidak satupun kendaraan dapat melewati jalan tersebut. Kendaraan baru dapat lewat setelah sebuah alat berat mulai meminggirkan material longsor sekitar pukul 08.00. itupun baru melalui satu jalur.

Ibu Luh Tuti (66) salah seorang warga yang rumahnya dekat dengan lokasi kejadian menyampaikan bahwa longsoran tanah tersebut sudah terjadi semalam sekitar pukul 12.00 Wita. Masih menurut Luh Tuti, longsoran tersebut timbul karena tanah yang ada di lereng bukit tergerus air hujan terus-menerus dari siang hingga malam hari.
Berdasarkan pantauan tim reportase RGS FM, jalan di lokasi kejadian kini sudah mulai normal. Kendaraan sudah dapat melintasi areal tersebut seperti semula. Namun, kemungkinan-kemungkinan timbulnya longsoran lain tetap saja ada, terlebih cuaca hujan yang terus terjadi belakangan ini dapat kembali menggerus struktur tanah di bukit Sang Hyang Ambu. (Tim reportase RGS)


Tidak ada komentar: