Senin, 02 Agustus 2010

LIPAMS (Liputan Amlapura Sehari)


Amlapura


PULUHAN HEKTAR POHON MANGGA GAGAL PANEN                                                         


Akibat cuaca yang tidak tentu, puluhan hektar tanaman mangga dan tanaman mente gagal panen. Seperti yang disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kapubaten Karangasem, I Nyoman Oka Antara, S.H. senin (2/8) di Amlapura bahwa hal tersebut bisa terjadi karena kondisi cuaca yang tidak baik, kadang – kadang hujan dan tiba – tiba panas.
          “Akibatnya Puluhan hektar pohon mangga dan mette gagal panen, di dusun tianyar barat, bunga dari pohon mangga kalo terkena hujan akan kering jadi, saat sekarang pohon mangga yang sedang berbunga terkena air hujan bunganya jadi rontok tidak bisa menjadi buah,” tambah Oka antara.
          I Gede Dariana, Kepala Dusun Taman Sari mengatakan kalau saat ini warganya sedang berusaha mencari solusi agar kerugian tidak semakin banyak. “Setidaknya panen kali ini dapat dinikmati, kalaupun Prediksi saya, Panen kali ini bisa dibilang gagal, karena 85% warga saya sudah gagal Panen,” terang Gede Dariana.
          “ Sebagian warga disini bergantung dari berkebun, dan masih menggunakan sistem kontrak, jadi banyak pengeluaran untuk beli obat – obatan pembasmi serangga, agar tidak rusak, tetapi malah terkena hujan” Tambah Kadus Taman Sari.

          Biasanya kalau hasil panen buah mangga bagus, rata – rata warga meraup keuntungan sebesar 3 juta untuk sekali panenya. (Reporter RGS FM)

2 komentar:

radio rgs fm mengatakan...

SEKEN TE BLI??

radio rgs fm mengatakan...

akude rugi pak?