Senin, 30 Agustus 2010

LIPAMS (Liputan Amlapura Sehari)

28 Agustus 2010
>>Tenganan Pegeringsingan Masuk usulan PNPM Pariwisata
Tenganan Pegeringsingan masuk dalam usulan PNPM Pariwisata. Hal ini disampaikan Kadis Budpar Karangasem Jumat (28/8). Selain objek wisata yang terkenal dengan potensi budaya perang pandan ini ada lima objek pariwisata lainnya di Karangasem yang masuk usulam PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat), yaitu, Desa Budakeling (Bebandem), Desa Pekraman Timbrah (Karangasem), Tenganan dauh Tukad (Manggis), Banjar Adat Pegubugan (selat), dan Desa Pakraman Perangsari.
Jro Mangku Widia, tokoh desa Pakraman Tenganan Pegeringsingan menyambut positif rencana program itu. Jro, begitu ia biasa dipanggil memandang bahwa program itu sangat membantu percepatan infrastruktur di sektor pariwsata, oleh karenanya harus sedini mungkin direalisasikan. Apalagi pariwisata yang nanti dikembagkan berbasis budaya.
Untuk daerah-daerah lain, seperti objek di banjar adat Pegubugan, Desa Duda, Kecamatan Selat misalnya, yang juga dikenal sebagai desa budaya, potensinya tak kalah dengan objek lain. Sebab beragam alat musik tradisional ada di Kampung itu, mulai dari gender wayang, Gambang, Semar Pegulingan, dan sebagainya. Mudah-mudahan semua daerah yang diusulkan tersebut mendapat jatah, sehingga potensi objek di daerah tersebut semakin berkembang.

Tidak ada komentar: