Selasa, 20 Juli 2010

LIPAMS

Warga Dusun Ngis, Kec. Manggis terserang Penyakit aneh
Ratusan warga di dusun Ngis, Kecamatan Manggis terserang penyakit aneh. I Gede Suartawan ( Kepala Dusun) banjar kelodan, Dusun Ngis, yang juga pernah mengalami gejala penyakit tersebut. Suartawan mengatakan kalau gejala yang dialami pertama kali ketika diketahui terserang penyakit tersebut yakni seluruh tubhnya dirasakan panas, kemudian timbul bintik – bintik merah disekujur tubuhnya, selang beberapa jam dirasakan di seluruh persendiannya sakit hingga tidak dapat berdiri.
Lebih dari 100 warga di Banjar Kelodan yang terserang gejala yang hampir sama, sementara di banjar Kajanan, di sampaikan I Nengah Luwes ( Kepala Dusun) banjar Kajanan hampir 50 warga yang terkena terserang penyakit aneh tersebut.
Ni Wayan sari warga asal Banjar Kelodan yang menderita lumpuh layu selama 2 bulan setelah menderita penyakit tersebut, sebelumnya yang diketahui panas biasa hingga dari pihak keluarganya menyangka kalau Wayan Sari terkena Black Magic. Anehnya, apabila dalam kurun waktu lebih dari 24 jam penderita penyakit tersebut belum diberikan pemeriksaan, maupun pengobatan secara langsung penderita akan mengalami lumpuh selama kurang lebih 2 bulan.

I Nyoman Reneng, mantri di dusun Ngis, mengatakan kalau hampir dari sebagian warga yang terserang gejala aneh tersebut mengalami gejala awal yang sama. “Ini merupakan gejala Penyakit Cikungunya,” jelas Nyoman Reneng.
Setelah ada beberapa warga yang terkena gejala yang diduga cikungunya, beberapa warga yang melakukan cek darah dan sampelnya di bawa ke Denpasar, ternyata hasilnya negatif.
Dinas Kesehatan sudah pernah sebelumnya melakukan antisipasi terkait dengan gejala yang dialami warga di Dusun Ngis. “Lebih dari 6 kali sudah dilakukan fogging di sini, tetapi malah warga yang terkena gejala tersebut semakin banyak,” Tambah I Nyoman Reneng,mantan pegawai Puskesmas Manggis 1. ( Reporter RGS FM)

Tidak ada komentar: