Jumat, 09 Juli 2010

LIPAMS

>>PW Pramuka Kwarda Bali 2010 Dipusatkan Di Karangasem    Diwarnai Kegiatan Sosial Bedah Rumah

Hari ini, 9 Juli 2010 gerakan Pramuka Kwartir Daerah (kwarda) Bali menggelar upacara pembukaan Perkemahan Wirakarya (PW) Daerah Bali di Jabe Pura Dalem Alit, Dusun Asak, Desa Pertima Kabupaten Karangasem. Pembukaan PW dipimpin Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. PW sendiri telah berlangsung kemarin, 8 – 12 Juli dipusatkan di GOR Gunung Agung dan Lapangan Yowana Wijaya Karangasem.

PW tahun 2010 mengusung tema “Melalui Kwartir Daerah Bali, Kita Ciptakan Generasi Muda Yang Tangguh Menghadapi Tantangan Globalisasi dan Dapat Melanjutkan Darma Bakti Kepada Nusa dan Bangsa”. Peserta PW 2010 diikuti 505 orang terdiri atas; 360 orang pramuka penegak dan Pandega, 18 pimpinan kontingen daerah, 18 orang pendamping dari 9 cabang se-Bali dan 55 orang Sangga Kerja daerah Bali.
Berbagai kegiatan fisik dan pembinaan mental serta aktivitas lain, akan mewarnai PW Bali 2010 yang berlangsung empat hari, diantaranya; aksi penghijauan dengan menanam 1600 pohon di areal Pura Dalem Asak dan juga di sepanjang pantai dari Pangkalan AL candidasa menuju Desa Bug - bug , bedah rumah 3 unit bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) di Dusun Asak yang masing – masing pemilik rumah yang dibedah yakni Ni Nengah Keri, I Wayan Sukendra, I Ketut Samiarta, dan juga melaksanakan clean beach di sepanjang pantai Desa Bugbug.
Kegiatan lain yang tak kalah penting adalah Napak Tilas Perjuangan Para Pejuang Kemerdekaan Karangasem, penyuluhan tentang bahaya narkoba dan obat terlarang, penyuluhan kesehatan masyarakat, penyuluhan perpajakan dan penyuluhan rabies. Juga pemutaran film kepramukaan serta diskusi tentang kepramukaan, khususnya untuk pramuka penegak dan pandega dan penyegaran bagi Pelatih dan Pembina Pramuka.
Selain itu, kegiatan lain yang meramaikan PW 2010 adalah atraksi karnaval keliling kota Amlapura dari masing- masing cabang dan atraksi seni tari dari peserta 9 cabang se – Bali. Sebelum menutup rangkaian acara PW, seluruh peserta melakukan tour ke sejumlah objek wisata di Karangasem seperti obyek wisata Taman Ujung, Obyek Wisata Taman Tirtagangga dan ke Puri Karangasem.
Ketua gerakan Pramuka kwaritr daerah bali, drs. Ketut Wija, MM dalam sambutannya mengatakan, PW daerah merupakan rangkaian persiapan untuk mengikuti PW nasional yang direncanakan akan digelar pada bulan November 2010 di provinsi Aceh. “PW daerah ini, persiapan Bali untuk maju pada PW nasional di Aceh Nopember tahun ini,” kata Ketut Wija.(Reporter RGS FM)

Tidak ada komentar: