Jumat, 01 Maret 2013

Tingkatkan Kunjungan Wisata,Pemkab Bakal Lakukan Promosi Ke Berlin



Karangasem-Bali,Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Karangasem,Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali mendapat undangan untuk menyertai rombongan tim wisata Indonesia untuk ambil bagian di ajang ITB Berlin dan Gala Frankfurt, yang akan berlangsung dari tanggal  3 sampai dengan  7 Maret 2013.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem  I Wayan Purna, S.sos, di Amlapura,pada Kamis,(28/02). Agenda  rutin event wisata dan promosi di Berlin dan Franfurt merupakan ajang promosi wisata dunia sehingga cukup efektif untuk diikuti. Karangasem sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terpandang di Bali selalu mendapat undangan untuk menyertai tim rombongan Indonesia yang tahun ini langsung akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang akan membuka Indonesia Partner Country.

Purna juga menambahkan, menurut rencananya, Saat memperoleh kesempatan di ajang Gala Indonesia khusus Karangasem Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH,  bakal menyampaikan pemaparan materi mengenai potensi pariwisata Karangasem  selama 20 menit. Dalam hal tersebut potensi pariwisata terkini di Karangasem yang terpenting adalah kondisi terakhir obyek dan daya tarik wisata selain prospek keberadaan dermaga cruise dan spiritual tourism.  Mengingat ajang ITB Berlin bersifat Internasional dimana pesertanya dari seluruh dunia, maka sangat efektif untuk diikuti. ”jika dua kali absen tidak hadir dalam ajang tersebut bisa dicoret dari kepesertaan, sehingga diperlukan untuk kesinambungan promosi pariwisata Karangasem ajang ITB Berlin dan gala Frankfurt tetap dianggarkan dalam program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,”Ujarnya lagi.

Selain itu, agenda pemberangkatan tim Karangasem mulai tanggal 2 Maret 2013 langsung bertemu dengan Komunitas Warga   Bali PERMIF dan langsung mengikuti agenda acara Gala Indonesia. Pada hari kedua juga akan mengkuti peragaan busana khas Bali yang akan menampilkan kain bebali tenunan khas Seraya. Disamping itu pada malam itu juga akan menampilkan tari Bali yang dibantu seniman Bali di Frankfut serta menyuguhkan kuliner Indonesia dan ada nuansa Bali.

Usai mengikuti Gala Frankfurt tim akan bertolak ke Berlin untuk mengkuti kegiatan terbesar di Eropa Internasional Touris Berlin (ITB) yang mengangkat thema Indonesia Partner Country akan dibuka Presiden SBY dan Kanselir Jerman. Dari Bali selain dari Pemprop Bali juga diikuti dari Kabupaten Badung, Singaraja dan Karangasem. Pada tanggal 6 Maret  kegiatan akan dipusatkan di Vaviliun Indonesia yang akan menampilkan tarian Bali.

Menjawab hasil promosi pariwisata ke luar negeri I Wayan Purna, S.Sos mengatakan, promosi wisata terkait erat dengan kondisi sarana prasarana wisata, sumber daya manusia dan kontinyuitas promosi. Selama ini secara umum kunjungan wisatawan ke Karangasem terus meningkat tiap tahun yakni tahun 2010 365.372 orang  naik tahun 2011 menjadi 374.748 orang  dan kembali naik di tahun 2012 hingga Nopember menjadi 423.585 orang. Mengenai kondisi Besakih, Wayan Purna menjelaskan sudah berkoordinasi agar ada perbaikan-perbaikan sarana yang dikeluhkan wisatawan maupun masyarakat sehingga tidak menimbulkan kesan negatif dimata wisatawan.

Sementara itu, Ka.Bag Humas dan Protokol Ir.I Gede Waskita Suta Dewa,MM menambahkan, disamping penataan obyek-obyek wiasta dan sarana prsarana di tiap ODTW juga dilakukan upaya menjaga lingkungan yang dipayungi awig-awig tertulis seperti di Lempuyang Madya tidak diperbolehkan mengambil tanaman anggrek alam maupun membunuh satwa.