Kamis, 07 Maret 2013

Minta Dapil Dipisah,Tokoh Masyarakat Sidemen Datangi KPUD

Karangasem-Bali, Merasa aspirasi masyarakat selama ini belum diserap karena keterbatasan wakil-wakil di DPRD Karangasem,sejumlah tokoh masyarakat melalui Perbekel se-kecamatan Sidemen mendatangi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karangasem. Kedatangan tokoh masyarakat meminta KPUD agar  daerah pemilihan (dapil) III yakni,Selat,Rendang,Sidemen pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 mendatang  agar dipisah. Demikian disampaikan Perbekel Sinduwati,I Nengah Rumawa,saat menyampaikan aspirasinya ke KPUD Karangasem,pada Kamis,(07/03).

Kedatangan Tokoh masyarakat Sidemen yang diterima Ketua  Divisi Teknis KPUD Karangasem I Made Arnawa,SH,selain menyampaikan aspirasinya secara langsung juga disampikan pernyataan sikap yang ditandatangi oleh tokoh masyarakat Sidemen yang selanjutnya agar disampikan ke KPU Pusat. Pemisahan dapil ini,menurutnya bukan tanpa alasan,selama ini aspirasi masyarakat banyak yang belum diserap,sehingga anggaran – anggaran yang masuk sangat minim.

”dengan empat dapil,aspirasi masyarakat  Sidemen merasa belum bisa diserap. Tidak mungkin aspirasi masyarakat Sidemen disampaikan oleh anggota DPRD dari luar kecamatan Sidemen,”ujar Rumawa.

Sementara itu,Ketua  Divisi Teknis KPUD Karangasem I Made Arnawa,SH yang menerima kedatangan tokoh masyarakat dari Kecamatan Sidemen,menyampaikan,pihaknya menerima dan akan meneruskannya ke KPU Provinsi Bali terkait usulan dari Sidemen. Nantinya KPU Provinsi Bali akan menyampaikannya ke KPU Pusat. Sebelumnya, hal yang sama juga pernah disampikan oleh Forum Perbekel Kecamatan Rendang. Namun verifikasi dilakukan oleh KPU Pusat.

Arnawa juga menambahkan, harapan masyarakat dengan delapan dapil itu sangat memungkinkan,karena tiap-tiap dapil perkecamatan jumlah kursi minimal tiga sampai duabelas kursi,sedangkan Sidemen saat ini jumlah kursinya tiga. Cuma dalam pendataan daerah pemilihan,KPU juga memperhatikan prinsip-prinsip pendataan dapil.

”saat ini pihaknya masih menunggu hasil dari KPU pusat terkait keputusan tetap daerah pemilihan yang menurut rencananya akan diputuskan pada tanggal 9 Maret ini,”sambungnya.

Dari Pantauan Reporter RGS FM, Tokoh masyarakat yang mendatangi KPUD diantaranya,Perbekel Sinduwati I Nengah Rumana,I Nyoman Suara perbekel Sangkan Gunung, I Ketut sudana,Kepala Dusun Br. Pakel serta Cokorda Widiarsa ,Keliang Banjar Tengah.