Senin, 25 Juni 2012

PEMILIHAN KETUA PANSUS RTRW BERLANGSUNG ALOT

 25 / 06 / 2012

PEMILIHAN KETUA PANSUS RTRW BERLANGSUNG ALOT

Amlapura – I Wayan Tama,SH akhirnya terpilih untuk memimpin panitia khusus (pansus) ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten Karangasem  yang digelar diruang rapat paripurna DPRD setempat pada,(25/06).Tama terpilih secara alklamsi setelah lima calon lainnya memilih mengundurkan diri dari pemilihan dan memberikan kepercayaan kepada anggota fraksi Golkar ini untuk menjadi  ketua pansus.
Sebelumnya pemilihan  ketua pansus ini berjalan alot, hal tersebut dikarenakan masing-masing fraksi mengutus anggotanya untuk memperebutkan menjadi ketua pansus. Kelima calon ketua dari masing – masing fraksi diantaranya, I Wayan Pandu Prapanca Lagosa,SH.MH dari fraksi PDI Perjuangan ,I Wayan Tama,SH dari fraksi Partai Golkar, I Wayan Suparta,A.Md dari fraksi Partai Demokrat ,I Nyoman Sadra,BA dari fraksi PNI Marhaenisme  serta  I Wayan Parka dari fraksi Karangasem Bersatu.
Setelah rapat dimulai, tiga orang dari  FPD,FPNIM serta Fraksi Karangasem Bersatu memilih mengundurkan diri,pertarungan terjadi antara Pandu Prapanca Lagosa dan Tama yang diusung oleh masing – masing fraksinya, bahkan pemilihan ketua pansus tersebut hampir dilakukan melalui voting ,bahkan I Nyoman Sartika dari Fraksi Golkar  mengusulkan untuk dilakukan pemilihan melalui voting tertutup,akan tetapi anggota lainya masih memperdebatkannya, tidak ingin pemilihan ketua pansus berjalan buntu, akhirnya Pandu Prapanca Lagosa memilih mengundurkan diri dan memberikan kesempatan kepada I Wayan Tama untuk menjadi ketua pansus.
Ditemui usai pemilihan, Ketua Pansus Rancangan Tata Ruang Wilayah Wayan Tama mengatakan  untuk Pansus yang dipimpinnya, ada beberapa agenda yang harus diselesaikan, diantaranya presentasi dengan eksekutif. “dari presentas itu pansus baru akan menyusun pertanyaan-pertanyaan kepada eksekuti termasuk agenda kroscek ke lapangan,”ujar Tama.
Tama juga mengatakan untuk ranperda RTRW ini memang diperlukan pembahasan yang cukup lama,hal tersebut dikarenakan permasalahan yang sangat komplek terkait perda RTRW yang akan dihasilkan untuk periode 2011-2030. Untuk itu pihaknya akan mengakomodir permaslahan tersebut agar nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat karangasem.
Sedangkan ketua DPRD Karangasem I Gede Dana,S.Pd,M.Si ketika ditanya mengatakan pihaknya belum mendapat laporan hasil pemilihan serta agenda kerja. Akan tetapi ketua DPRD  berharap pansus RTRW dalam melakukan pembahasan dengan lebih cermat agar dapat memenuhi harapan masyarakat.(1121)