Sabtu, 23 Juni 2012

KARANGASEM KIRIM 25 ATLET DI KEJURDA CATUR TABANAN

23 / 06 / 2011

KARANGASEM KIRIM 25 ATLET DI KEJURDA CATUR TABANAN

Amlapura – Percasi Cabang Karangasem bakal menerjunkan 25 orang atlet catur dalam Kejuaraan Daerah (kejurda) yang akan berlangsung di Tabanan dari tanggal 22 hingga 26 Juni 2012. Ke-25 atlet tersebut dilepas oleh Ketua KONI Karangasem I Made Made Sukerana, SH di Wantilan pemkab setempat ,pada (22/06).

Made Sukerana mengatakan, Catur sebagai salah satu cabang penting dalam olahraga perlu terus didorong agar memperoleh apresiasi dari masyarakat sehingga muncur para master-master baru yang bisa membawa nama baik daerah Karangasem di kancah olahraga. Untuk  itu,Ketua KONI berharap para atlet yang akan bertanding di event kejurda supaya menjaga stamina dan kondisi fisik agar dapat mengikuti pertandingan dengan baik.

Selain itu, Ajang Porprov ini  merupakan salah satu sasaran penting untuk mengukur keberhasilan pembangunan olahraga. Dalam Porprov sebelumya telah berhasil menaikkan rating Karangasem dari urutan 9 menjadi  ke 8 dengan meraih 13 medali emas  jauh melampaui Porprop sebelum itu  yang hanya memperoleh 4 medali emas. Untuk Porprov mendatang Karangasem ingin mencapai sasaran target rangking ke 5 dengan asumsi perolehan medali emas sekitar 35 medali. Untuk itu diperlukan upaya kerja keras dari seluruh jajaran Pengcab, KONI dan masyarakat olahraga utuk  mengangkat citra dan kebangkitan olahraga Karangasem ke depan. Bahkan Sukerana  mengkritik keras siapapun yang memperlakukan atlet berprestasi secara tidak terhormat, seperti memberangkatkan atlet dengan kendaraan umum, memberi fasilitas tidak layak dan kurang menghargai prestasi atlet.

Ketua KONI juga meminta para Kepala Sekolah dan guru olahraga tidak mengesampingkan perhatian terhadap prestasi olahraga di sekolah dan dapat disejajarkan dengan prestasi dibidang akademik. Olahraga adalah bagian upaya membangun mentalitas bangsa, karena didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pembentukan watak bisa dicapai melalui pengembangan bidang  olahraga, menjauhkan sikap inkonsistensi dan memupuk disiplin dikalangan anak didik.Begitu juga atas  keikutsertaan para orang tua yang mendampingi anaknya, Ketua KONI menyampaikan terima kasih. “pengalaman menunjukkan motivasi dari pendampingan orang tua dalam ajang pertandingan besar pengaruhnya memberi spirit dan semangat bertanding bagi anak,”Ujar Sukerana yang juga Wakil Bupati ini.

Sedangkan Ketua Percasi Cabang Karangasem I Wayan Pinti menyampaikan, dalam upaya membina prestasi para atlit catur daerah Pengcab Percasi berupaya untuk mengikuti event-event yang dilaksanakan baik ditingkat daerah maupun antar daerah (Kejurda). Melalui pengiriman atlit ke event luar daerah dapat diukur kemampuan atlit sesungguhnya sehingga dapat dilakukan perangkingan atlet secara lebih berkualitas.”Atlet yang dikirim sejumlah 21 orang dibimbing 5 offisial dan disertai para orangtua atlet meliputi atlet tingkat SD, SMP, usia 16 tahun (SMA) dan tingkat senior ,”Ujar Pinti.(1121/hum)