Selasa, 29 Mei 2012

BANGKITKAN WAWASAN KEBANGSAAN MELALUI SARASEHAN

29 / 05 / 2012

 
BANGKITKAN WAWASAN KEBANGSAAN MELALUI SARASEHAN




Amlapura – Untuk  meningkatkan wawasan Kebangsaan Para pemuda Karangasem khusunya dikalangan pelajar, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem  menggelar Sarasehan diwantilan aula bupati Karangasem,pada (29/05). Sarasehan yang menghadirkan Narasumber dari wakil Ketua  Pemuda Pancasila Karangasem  I Gede Sandhi, M.Hut,M.Si dan Asisten I Tata Praja Pemerintah Daerah Karangasem I Ketut Wage Saputra,SH dari unsure Pemerintah.

Dalam pemaparannya yang berjudul Strategi Pemuda dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa,  Sandhi lebih banyak memberikan pemahaman dan  mengingatkan peserta sarasehan yang kebanyakan dari generasi muda dikalangan pelajar dan Mahasiswa tentang pemuda dan sejarah pemuda di Indonesia bahwa secara serius generasi muda harus dapat menghindari faktor-faktor penyebab rusaknya generasi muda, diantaranya  narkoba, seks bebas, pendidikan rendah, pengangguran, gaya hidup mewah, tawuran dan kriminalitas.
Selain itu juga, Wakil Ketua Pemuda Pancasila ini juga mengajak pemuda untuk membentuk generasi muda yang kuat dan mandiri dimulai yang dimulai dari pembentukan sikap seperti kreatif dan inovatif, kritis dan dinamis, berdaya saing, serta memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama.
Sedangkan I Ketut Wage Saputra,SH  yang membawakan makalah wawasan kebangsaan dalam mengatsipasi disintegrasi bangsa  lebih banyak menjelaskan tentang wawasan kebangsaan dari sudut pandang pemerintah, terutama Pemerintah Kabupaten Karangasem. Dalam penjelasannya Wage juga menjelaskan bagaimana proses terjadinya disintegrasi dan apa saja strategi dalam penanggulangan disintegrasi bangsa tersebut.
Sarasehan yang di mediatori Ni Made Prahastuti ini mendapat sambutan yang sangat baik dari para peserta. Terbukti membludaknya peserta mengajukan pertanyaan ketika dilakukan sesi tanya jawab. Sarasehan ini digelar dalam  rangkain kegiatan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional  ke 104 tahun yang jatuh pada tanggal 20 Mei lalu. Sarasehan ini  di ikuti oleh pelajar SMA Se-Kecamatan Karangasem dan Mahasiswa.

Tidak ada komentar: