Jumat, 18 November 2011

MENKUMHAM KUNJUNGI LP KARANGASEM

MENKUMHAM KUNJUNGI LP KARANGASEM

Amlapura - Menteri Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesia Amir Syamsudin melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Anak dan Dewasa Karangasem pada,(17/11). Kunjungan yang disertai Dirjen Lapas Sihabudin didampingi Ka. Kanwil Kemenkumham Propinsi Bali Taswin Tarib, diterima Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH bersama Ketua LP Anak dan LP Dewasa .Dalam kunjungan tersebut, Menteri Hukum dan HAM terharu setelah disuguhkan lagu oleh penghuni LP setempat.


Dalam kunjungannya, Menteri didampingi oleh wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana,SH Mentri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin saat mengunjungi LP Anak dan LP Dewasa melakukan inspeksi langsung ke sel-sel tahanan dan berdialog dengan penghuni sel yang terdiri dari anak-anak. Saat menyimak lantunan lagu dari salah seorang anak penghuni LP, MenkumHAM sempat terharu dan iba atas nasib anak-anak penghuni sel. Ia berpesan agar anak-anak dapat mengambil hikmah dari pengalaman hidup yang dialami didalam Lembaga Pemasyarakatan. Hukuman yang dijalani adalah semata untuk menyadarkan masyarakat agar tidak berbuat kesalahan didalam kehidupannya, namun segera tobat untuk tidak mengulang perbuatan melawan hukum yang menyebabkan ada di dalam sel.

Di LP anak yang berjumlah 16 orang,Menteri Hukum dan HAM begitu terharu setelah melihat dari dekat kondisi tahanan anak-anak dan berpesan agar anak – anak yang masih berada di LP agar tidak patah semangat .”ini contoh kecil sebuah keberhasilan kalau memang ada tekat untuk memperbaiki anak- anak,” sambungnya lagi.
Di LP Anak yang berjumlah 16 orang penghuni narapidana,sedangkan di LP dewasa berjumlah 165 oarang yang terdiri dari narapidana binaan 144 oarang dan Tahanan 21 orang yang terdiri dari laki-laki 150 orang dan wanita 15 orang. dari jumlah tersebut 50 oarang merupakan tahanan narkoba yang merupakan pindahan dari LP Kerobokan sebanyak 46 orang sedangkan sisanya lagi 4 orang merupakan tahanan local.


Tidak ada komentar: