Rabu, 27 Juli 2011

CANDI GELUNG KORI AGUNG PURA ANDAKASA DIPELASPAS

 27 / 07 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

CANDI GELUNG KORI AGUNG PURA ANDAKASA DIPELASPAS


Amlapura – Candi Gelung Kori Agung Pura Andakasa yang berstatus Pura Tri Kahyangan Agung dan tempat berstananya Dewa Brahma yang berlokasi di Desa Adat Angantelu Manggis Karangasem yang telah selesai dibagun kemarin dipelaspas (26/07). Upacara pemelaspasan dan Pujawali dipuput oleh Ida Pedanda Istri Karang dari Geria Jungutan Sibetan dan Ida Pedanda Gede Made Jelantik Sidemen dari Geria Taman Asri Budakeling.


Menurut Ketua Paniti yang didampingi I Ketut Dresta didampingi Sekretaris Suadnyana serta bendahara dan Penglingsir Pura I Nyoman kantor  mengatakan, pembangunan candi gelung dengan tinggi 11 meter dan candi bentar dengan tinggi masing – masing 6 Meter telah direncanakan semenjak lima tahun yang lalu, namun hingga kini baru bisa dilaksanakan dengan upacara pemelaspasan.

Sementara Untuk dukungan dana keseluruhan persiapan pembangunannya hanya didukung oleh ketersediaan dana kas pura sebesar 240 juta, sementara penghabisannya sesuai dengan RAB yang mencapai 700 juta. selain itu ,aturan dana punia yang melengkapi pendanaan antara lain dari pemprop Bali dan pemkab Karangasem masing – masing sebesar Rp. 50.000.000 . Sedangkan dari Pemkab lain yang sudah diberikan proposal belum ada konfirmasi .Sementara itu untuk kelengkapan upakara bebanten upacara pujawali dan pemelaspasan tersebut menggunakan catur rebah dengan caru soring yadnya katur manca sato. Jro mangku Nyoman Kerenteng yang didampingi Jro mangku Dapet juga menambahkan, selanjutnya panitia bakal merencanakan Pembangunan bale Agung Sebagai kelengkapan Pura Kahyangan jagat dan Bale Pesandekan di Nista Mandala.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH yang menghadiri Pujawali sekaligus meresmikan Candi Gelung dan Candi Bentar Pura Kahyangan Andakasa mengatakan, untuk melengkapi keberadaan pura Andakasa sebagai Pura Kahyangan jagat di Bali telah dibangun infrastruktur jalan dari sebelah timur semenjak dua tahun lalu, “ Untuk memperlancar tatkala umat pedek tangkil saat Pujawali seperti sekarang, kami akan terus mengusulkan kepada Pemprop Bali sebagai pengempon pura kahyangan jagat di Bali untuk dapat membantu penyelesaian infrastruktur tersebut,” ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan, untuk kelengkapan lainnya Pemkab Karangasem secara bertahap akan terus membantu agar Pura Andakasa memenuhi kelengkapan sebagai Pura Kahyangan Jagat. Kepada pengempon Pura diharapakan untuk tetap menjaga semangat ngayah dan bergotong royong dalam melaksanakan pengaci – aci di pura Kahyangan Jagat tersebut dan senantiasa tetap berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal pemeliharaan bangunan maupun pelinggih yang ada.

Selain Bupati Karangasem juga tampak hadir Bupati Bangli I Made Gianyar, berserta utusan dari pemkab lainnya di Bali.

1 komentar:

BlisekenBali mengatakan...

Rahajeng sudah dilaksanakannya upacara pemelaspas Pura Andakasa. Semoga dengan dilaksanakannya upacara ini, Bali akan selalu ajeg lan jagadita. astungkara, :)