Kamis, 06 Januari 2011

LENGKAPI ARMADA ANGDES KUD, PEMKAB KARANGASEM GELOTOR 4 MOBIL LAGI

06 / 01 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

LENGKAPI ARMADA ANGDES KUD, PEMKAB KARANGASEM GELOTOR 4 MOBIL LAGI                                        

Amlapura - Dalam upaya medorong geliat ekonomi pedesaan, Pemkab Karangasem kembali menggelontor bantuan sarana trasportasi pedesaan bagi 4 Koperasi Unit Desa (KUD) lagi yang belum kebagian pada realisasi bantuan tahun 2009. 


Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH, (6-1-2011) di Wantilan pemkab setempat mengatakan, itikad untuk mendorong pembangunan pedesaan khususnya dibidang ekonomi diperlukan pendukung sarana prasarana transportasi. Selain menjawab tantangan distribusi barang dan jasa khususya trasportasi hasil bumi di pelosok-pelosok desa, sarana mobil juga diperlukan untuk memberi akses percepatan dan kelancaran tata ekonomi pedesaan. KUD sebagai pionir dalam mengembangkan ekonomi desa, sudah saatnya berperan untuk menggerakkan perekonomian, menggali potensi desa serta memberi ruang bagi peluang meningkatkan kiprah dan dinamika produksi sebagai wujud mekaisme ekonomi kerakyatan.

Kadis Perhubungan Drs. I Made Sosiawan, menambahkan, bantuan sarana mobil angkutan pedesaan yang kembali diberikan kepada 4 KUD se Kabupaten Karangasem merupakan implementasi bantun sarana Mobil Kementrian PDT – RI dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Sarana Angkutan Perdesaan yang oleh Pemkab Karangasem dijabarkan lagi menjadi 4 mobil diantaranya 3 truk dan 1 pick up, agar bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat. Bantuan dimaksudkan untuk memberi dorongan bagi KUD-KUD agar lebih giat dan agresif mengembangkan usaha pedesaan melalui mobilisasi potensi produksi ditiap desa sehingga mampu mendorong ekonomi desa yang akan berdampak pada membaiknya ekonomi masyarakat secara umum. Memperlancar pengangkutan hasil bumi daerah terpencil utuk mendekatkan produsen denagan kosumen. Bantuan untuk tahun 2010 ini mengalokasikan 3 buah truk dan 1 pick up bernilai sekitar Rp. 960.000.000 untuk KUD yang belum menerima abantuan tahun 2009 lalu.

Kadis Koperasi dan UKM Ir. I Wayan Supandi mengatakan 4 KUD yang diberikan bantuan pada kesempatan kedua, melengkapi bantuan bagi 6 KUD sebelumnya sehingga ke sepuluh KUD yang ada di Kabupaten karangasem kini sudah seluruhnya memperoleh bantuan mobil roda 4. Dari 10 KUD yang ada diharapkan dapat menjadi imbas terhadap lembaga ekonomi pedesaan yang lain untuk bersama bergerak menjalankan kerjasama dalam usaha ekonomi rakyat. KUD selama ini menjadi andalan pemerintah untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan berbasis usaha bisnis pedesaan. 

3 kendaraan truck diserahkan pada KUD Sari Bumi Kubu Kperasi Kredit Pelita Labasari Abang, Kperasi Jerneng Mertha Pemapatan rendang dan 1 mobil pick up diserahkan pada KUD Sedana Murti Manggis dan 1 pick up dobel gardan yang semula di berikan pada KUD Sari Bumi ditarik diberikan pada Koperasi Aditama Telaga Tawang Sidemen.

Tidak ada komentar: