Selasa, 28 Desember 2010

PEMKAB KARANGASEM GANDENG KODIM TARGETKAN PERINDANGAN 25 KM JURUSAN ABANG – TIANYAR

28 / 12 / 2010       http://rgsfmradio.blogspot.com

PEMKAB KARANGASEM GANDENG KODIM TARGETKAN PERINDANGAN 25 KM JURUSAN ABANG – TIANYAR

Amlapura - Pemkab Karangasem melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Badan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kodim 1623 Karangasem dan ormas lainnya, menargetkan dapat menanam pohon perindang penghijauan sepanjang 25 Km di jalur jalan jurusan Abang Kecamatan Abang menuju Tianyar Barat Kecamatan Kubu. Kodim 1623 mengisi kegiatan penanaman pohon dalam rangka apel Danramil dan Babinsa tingkat Kdim 1623 Karangasem, guna mendukung kegiatan Pemkab Karangasem dalam penanaman 1 milyar pohon untuk dunia.

Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf. Akhsan Wijaya mengatakan, jajaran Kodim sebagai aparatur pemerintah peduli dengan kondisi kekeringan Karangasem sekaligus menyukseskan program Bali Clean and Green serta penanaman 1 milyard pohon, khususya memanfaatkan musim basah sepanjang tahun 2010 dengan mengalokasikan 1.200 bibit pohon Trembesi. Kesiapan jajaran Kodim tidak saja siap mengantisipasi pengamanan tahun baru 2010, tetapi juga harus turut aktif menjaga kelestarian sumber daya alam demi masa depan anak cucu kelak dan menghindari bahaya bencana alam yang diakibatkan penggundulan lahan semena-mena.
Menurut Kadis Hutbun Drs. I Made Mudita, SP, saat mengikuti penghijauan di bilangan Kubu (28-12-2010) mengatakan, sesuai edaran Sekda agar setiap SKPD menindaklanjuti upaya melaksanakan penghijauan dalam rangka memanfaatakan musim basah sepanjang tahun 2010, maka direncanakan untuk melakukan target penghijauan/perindangan jalan sepanjang 25 Km jurusan Abang – Tianyar Barat, dengan penanaman pohon sebanyak 7.000 pohon. Pohon sejumlah itu selain merupakan bantuan bibit dari Kodim Karangasem sebanyak 1.200 pohon dan akan ditambah lagi dengan stok bibit dari Dinas Hutbun sebanyak 6.000 pohon.
Adapun jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon Trembesi yang memiliki keunggulan sebagai pohon peridang berkualitas bagus, memiliki daya serap gas Co cukup bagus dan mensuplay CO2 cukup tiggi, konservasi lahan karena merupakan tanaman konservasi kualitas bagus, daya tahan penahan longsor serta pemeliharaannya cukup mudah karena mudah tumbuh.
Memanfaatkan musim basah sepanjang tahun 2010 pada bulan Nopember saja telah dilaksanakan gerakan penghijauan sebanyak 15 kali ditambah sejak bula Januari 2010 hingga Desember mencapai puluhan kali, sehingga mampu menghijaukan sekitar 3.750 Ha, melampaui target 2.000 Ha yang dipatok untuk tahun pertama pelaksanaan visi-misi Bupati 5 tahun kedua sebanyak 10.000 Ha, dengan target penanaman pohon tahun 2010 sebanyak 1.540.000 pohon.
Sejalan dengan target penghijauan tersebut Karangasem sepanjang tahun 2010 ini juga berhasil mendulang Prestasi nasinal antara lain Juara nasinal Desa Peduli Kehutanan yang diraih Desa Jungutan Bebandem, Juara Penyuluh Kehutanan Teladan Nasinal atas nama I Made Wira Adnyana serta Juara nasional kelompk tani Pule Sari Dukuh Kubu, yang berhasil mengembangkan komoditas Mete untuk produksi eksport dimana pohon Mete juga sekaligus menjadi pohon konservasi penghijauan.
Disamping itu, dalam memanfaatakan musim hujan penuh tahun 2010 benar-benar dimanfaatkan Karangasem untuk melaksanakan penghijauan dalam rangka konservasi lahan kering. Sejumlah agenda dan acara gerakan penghijauan telah dilakukan baik oleh Pemkab Karangasem, Pemprop Bali, organisasi politik, ormas dan masyarakat terpanggil untuk turut serta bahu membahu mendukung program Bali Clean and Green, Gerakan tanam dan pelihara pohon dan penanaman satu milyar pohon yang dicanangkan Presiden SBY.(humas )

Tidak ada komentar: