Rabu, 24 November 2010

WERDHI YOWANA PESONA TIM, CIPTAKAN ST KREATIF INOVATIF

24 /11 / 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

Pertama Kali Karangasem Jawara Lomba ST se Bali
WERDHI YOWANA PESONA TIM, CIPTAKAN STT KREATIF INOVATIF                          

Amlapura - Karangasem akhirnya membuktikan diri mampu menyisihkan kekuatan melengenda Bali Tengah dan Bali Barat dalam perhelatan Lomba Sekaa Teruna. Bertahun-tahun tak pernah sekalipun Karangasem mampu menyaingi organisasi ST di daerah Gianyar, Badung maupun Tabanan karena mampu menyulap penampilan yang demikian memukau tim juri. Namun pada Lomba tahun ini duta Karangasem yakni ST Werdhi Yowana Banjar Dinas Tihingan, Desa Adat Bebandem, Karangasem mampu menggungguli wakil ST Kabupaten lain dengan meraih Juara I Lomba ST se Bali tahun 2010.


Menurut penuturan Kelian ST I Made Suadarma, prinsip dasar yang diterapkan dalam menghadapi lmba adalah knsep saling asah, asih, asuh sagilik saguluk salunglung sebayantaka dan tetap berpihak pada purwa dresta desa setempat taat kepada orang tua. Ia menyebutkan modal utama keikutsertaan dalam lmba adalah semangat dan tekad, dalam menjalankan prinsip swadharmaning agama dan swadharmaning negara sesuai kewajiban ST. Kegiatan dilaksanakan melalui 8 pesayaan atau kelmpk kerja sesuai bidang meliputi: Pesayaan adat dan agama melaksanakan kegiatana adat dan agama di Banajar Dinas dan Desa Adat dalam pelaksanaan upacara upacara Panca Yadnya. Untuk Pesayan lahraga telah dimiliki 4 club olahraga Volly Ball, 1 club lahraga sepak bola dan 1 club lahraga bulutangkis. Sementara dibidang Kebersihan dilaksanakan secara rutin dilingkungan Banjar, Pura maupun Desa Adat. Dibidang penggalian dana dilakukan dengan mengintensifkan kegiatan ketrampilan ukiran Batu Tabas. Seddangkan bidang Kaweruhan dilaksanakan melalui kerjasama dengan pemerintah mensuskseskan program wajib belajar 9 tahun, membantu PKK sebagai kader Posyandu. Disamping itu kegiatan ST Juga dibagi dalam wibaga dharma negera, organisasi dan administrasi serta persiapa melaksanakan pesangkepan tiap bulan dan isidentil (napkala).

Dikatakan, guna mengintensifkan pembinaan potensi lapangan kerja melalui kerajinan dsb, dibina oleh ST melalui kelompok kerajinan yang ada membentuk kelompok kecil dibawah binaan ST melalui wadah koperasi. Untuk menyikapi kendala waktu seklah dan bekerja bagi ST kegiatan diarahkan setelah diluar jam sekl;ah dan jam kerja sehingga tidak mengganggu. Dengan sedsanti mtt yang menjiwai yakni Eka Satya Werdi Yowana Bahotre, mengisyaratkan satu kesatyuian satu visi misi melanjutkan dresta dan mendukung program pemerintah. Dalam menyukseskan perayaan 17 Agustus Berperan dalam kegiatan 17 agustus, lmba penjor, dan tetap melaksanakan program di ST berhubungan dengan pesayaan. Prestasi yang diperlehJuara I ST Kab, Club Bla juara III Bebdandem, ikut Prkab Persaka, Vlly juara I 2009. Persiapan dari hasil pembinan Kec dan Kab serta Prpinsi, apa yag dibina diikuti dan dilengkapi.

Kelian ST I Made Suadarma melaporkan, sehubungan pelaksanaan penilaian Lomba Sekaa Teruna-Teruni (ST) propinsi Bali merupakan wahana bagi ST Werdhi Yoana untuk memahami perkembangan dan arah tujuan lembaga ST dalam pembangunan budaya seni dan sumber daya manusia. Melalui lomba ST diharapkan dapat memperoleh pengalaman serta pengetahuan baru untuk dimanfatkan memajukan lembaga STT Werdi Yoana kini dan di masa yang akan datang. ST sebagai wahana berkumpulnya para pemuda melaksanakan dresta adat untuk menuju kesejahjteraan dan kemandirian ST dalam berbagai bidang kehidupan adat dan agama, yang didasarkan pada falsafah Tri Hita Karana mencapai tujuan dharma agama dan dharma Negara.

Beberapa kegiatan ST Werdhi Yowana yang dilaksnakan antara lain bidang keagamaan sebagai wahana bagi STT memperdalam ajaran agama yang sangat berguna bagi seluruh anggota ST diwujudkan dalam pelaksanaan persembahyangan bersama setiap Purnama Tilem serta saat berlangsung upacara agama. Menjalankan roda organisasi sebagai wahana melakukan mekenisme kegiatan dalam mengisi dan melaksanakan program telah memiliki struktur organisasi sesuai petunjuk.Sedangkan pada bidang administrasi ditujukan untuk mencatat dan membukukan dan mendokumentasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara aktif. Menjalankan program pemerintah seperti seni budaya, kesehatan, pendidikan dan pembangunan lainnya. Dalam meningkatkembangkan sistim informasi ST juga telah memanfaatkan dunia maya dengan memiliki email stt_werdhiyowana@yahoo.com, facebook ST Werdhi Yowana dan Blog ST yakni STWerdhiyoana@blogspot.com, didukung anggota sejumlah 113 orang dan didirkan tahun 1998.

Tidak ada komentar: