Senin, 29 November 2010

PERINGATAN HUT KORPRI DI KARANGASEM, DITANDAI PENYERAHAN SATYA LENCANA KARYA SATYA

29 / 11 / 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

PERINGATAN HUT KORPRI DI KARANGASEM,DITANDAI PENYERAHAN SATYA LENCANA KARYA SATYA


 Amlapura - Peringatan Hut Korpri ke 39    di Kabupaten Karangasem (1-11-2010) dilakukan di Lapangan Tanah Aron Amlapura, dengan Inspektur Upacara Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH ditandai penyerahan penghargan Satya Lencana Karya Satya kepada  594  PNS terdiri dari berpengabdian 30 tahun 97 orang,  berpengabdian 20 tahun 371 orang dan PNS berpengabdian 10 tahun sebanyak 126 tahun.

Upacara yang diikuti jajaran PNS se Kabupaten Karangasem diisi dengan Pembacan Teks Pancasila, Panca Prasetya Korpri, Kode Etik Guru, Pembacaan Pembukaan  UUD 45 serta doa, dihadiri Ketua DPRD Karangasem, Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH, Sekda Drs. I Nengah Sudarsa, M.Si, segenap unsur Muspida Kab. Karangasem serta  para pimpinan Instansi se Kab. Karangasem.

Ketua Penasehat Korpri Pusat  Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono dalam sambutan tertulis dibacakan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH mengatakan, seluruh jajaran Korpri  terus bekerja keras meningkatkan pengabdian dan produktifitas dalam mewujudkan jajaran birokrasi yang makin profesional. Jajaran birokrasi yang netral dan sanggup menghadirkan kualitas pelayanan publik yang terbaik bagi seluruh warga bangsa. Sejak didirikan tanggal 29 Nopember 1971 Korpri telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan  Negara sesuai dengan tuntutan dan kemajuan zaman. Pelaksanan tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang diemban oleh seluruh anggota Korpri telah memberikan kontribusi konstruktif dalam proses pembanguan selama ini.
Dalam perjalanan sejarahnya Korpri saat ini telah tampil sebagai organisasi profesinal yang makin mandiri dalam menyukseskan reformasi gelombang kedua, bertekad mmajukan kualitas penerapan demokrasi, meningkatkan penegakan hukum dan meningkatkan kesejahteran masyarakat Sebagai bagian  komponen utama pengelolaan pemeritahan, KORPRI telah mampu menunjukkan profesionalitas.

Posisi Korpri sebagai organisasi yang mandiri dan profesional kedudukannya tidak lepas dari kedinasan harus terus bergerak bersama secara  konsisten memperjuangkan cita-cita bangsa. Tiga peran Korpri yang mesti dikedepankan yakni abdi negara melaksanakan tugas penyelenggara negara, sebagai abdi masyarakat memberikan pelayanan publik serta sebagai abdi pemerintah melaksanakan tugas pemerintahan dari pusat sampai ke daerah. Dengan thema “Dengan Semangat Netralitas KORPRI Ikut Mensukseskan Pemilu 2009, diharapkan dapat bersikap netral menjaga profesionalitas menghadapi Pemilu tahun depan, sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada parpol peserta pemilu, sebagai wujud komitment nyata Korpri dalam melaksanakan tugas. 

Ditandaskan pula,  Korpri harus terus meningkatkan etos kerja, bersinergi secara efektif dan meumbuhkan energi positif dalam mengemban amanah rakyat. Terkait tugas tersebut Presiden SBY meginstruksikan agar segenap birokrasi melaksanakan amanah reformasi secara  bersih, berwibawa dan profesioal menuju untuk mewujudkan good govenance. Senantiasa meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam menunaikan tugas sejalan  tuntutan membangun  sumber daya manusia yang berkualitas. Diharapkan pula,  seluruh PNS lebih bekerja keras dan bekerja cerdas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan mempedomani Panca Prasetya Korpri mengingat rakyat menaruh harapan sangat tinggi kepada aparatur pemerintah. Disisi lain ditegaskan, agar segenap PNS meningkatkan kualitas penyelenggaraan birokrasi yang terbukti mampu mendukung penyelenggaraan proses pembangunan, hendakya segala kendala yag mengurangi produktifitas  dan menghambat akselerasi laju pembangunan hendaknya dapat dihilangkan.  

Penasehat Korpri pusat mengajak agar Korpri melanjutkan cita-cita reformasi, mengembangkan demokrasi, menegakkan supremasi hukum, membangun sistim yang bersih, membangun mental  melayani dari pada minta dilayani, tanggap terhadap kritik, meningkatkan upaya pemberantasan korupsi dan menjaga loyalitas Korpri.   Ketua Korpri Kab Karangasem I Made Madri, SH, M.Si, mengatakan, tetap menjaga eksistensi Korpri secara keseluruhan, dengan  mencirikan panutan dalam pengabdian selaku abdi masyarakat dan abdi negara. Peringatan tahun ini  fokus dilakukan  kegiatan yang bersifat  meriah murah dengan hakekat untuk tetap menyatukan, menggerakkan dan meningkatkan kekeluargaan Korpri dan PGRI. Dari solidaritas itu akan muncul jatidiri secara otomatis untuk menjadi agen perubahan guna mewujudkan Korpri yang mandiri dan produktif..

Kegiatan peringatan Hut Korpri kali ini didahului dengan berbagai kegiatan antara lain, Jalan santai, berbagai kegiatan olahraga masal murah meriah,   donor darah, sembahyang bersama,  kegiatan pencerahanan rokhasi dengan narasumber Ida Pandita Mpu Jaya Acharyananda  dari Geria Pinatih Gianyar,  dan lomba pembacaan Pembukaan UUD 45 serta Panca Prasetya Korpri.

Tidak ada komentar: