Rabu, 10 November 2010

PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI AMLAPURA

 10 November 2010   http://rgsfmradio.blogspot.com

PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI AMLAPURA                                                                      

Amlapura - Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2010 di Lapangan Tanah Amlapura dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH dihadiri Ketua DPRD I Gede Dana, Kaplres Karangasem, Dandim 1623 Karangasem, Forum Komunikasi Muspida, Sekda Drs I Nengah Sudarsa, M.Si, seluruh pimpinan dan anggota DPRD, Pimpinan SKPD se Kabupaten Karangasem serta para veteran pejuang Karangasem.

Apel yang diikuti peleton TNI/Polri, Hansip, Korpri, Pelajar, P2M, Mahasiswa, Organisasi Pemuda lainnya, diawali pembacaan Pesan-pesan Pahlawan dilanjutkan pengibaran bendera merah putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan Pembacaan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 45 dan.

Mentri Sosial RI DR. Salim Segaf Aljufri dalam amanat dibacakan Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH mengatakan, peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya patut dikenang karena saat itu segenap komponen bangsa bersatu padu melawan penjajah Belanda yang hendak menjajah kembali. Kendati persenjataan musuh lengkap dan modern, namun rakyat tidak gentar menghadapinya dengan bekal semangat pantang menyerah dan percaya pada kemampuan diri sendiri, maju ke medan pertempuran mempertaruhkan nyawa demi kedaulatan bangsa dan negara.

Semangat heroik yang dikobarkan para pendahulu negara patut diteladan dihayati dan diamalkan untuk mengatasi permasalahan bangsa yang tidak ringan seperti masalah bencana alam, kemiskian, pengangguran, pendidikan, kesehatan, konflik tawuran dan penyalahgunaan narkoba. Kepada segenap jajaran birokrasi diminta agar tidak melakukan perbuatan yang merugikan bangsa dan negara, justru harus berlomba melakukan yang terbaik dilandasi semangat kepahlawanan pantang menyerah, percaya kemampuan diri sendiri, bekerja tanpa pamerih dan mengutamakan kepetingan bangsa dan negara diatas keptngingan pribadi / golongan.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan kali ini, diharapkan rasa kesetiakawanan sosial sebagai anak bangsa dapat tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu modal untuk menyelesaikan masalah bangsa. Jika seluruh elemen bangsa memiliki kesadaran untuk mengamalkan semangat nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, maka rasa kesetiakawanan sosial dengan sendirinya akan meningkat.

Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2010 diawali Upacara Renungan Suci di Tugu Pahlawan Ciung Wanara pada tengah malam untuk menghormati jasa para pahlawan pejuang kusuma bangsa pada tanggal 9 Nopember 2010 pukul 00.00. Usai apel bedera Wakil Bupati Karangasem bersama Muspida Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD beserta Wakil Ketua dan para Ketua Komisi, Kapolres, Dandim 1623, Kepala Kejaksaan Negeri Amlapura dan Ketua Pengadilan Negeri Amlapura, Sekda Kab Karangasem, para Asisten dan seluruh perwira dilingkungan Polres dan Kodim, serta pimpinan SKPD, mengikuti Upacara Tabur Bunga di Dermaga Cruise Tanah Ampo Manggis.

Tidak ada komentar: