Senin, 15 November 2010

PANJI-PANJI I GUSTI NGURAH RAI DIKIRAB DI KARANGASEM

15/11/2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

PANJI-PANJI I GUSTI NGURAH RAI DIKIRAB DI KARANGASEM                                           

Amlapura - Guna mengenang dan memaknai nilai-nilai perjuangan I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan melalui Kirab Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai di seluruh Bali . Untuk Kabupaten Karangasem acara serah terima dilaksanakan dari Kabupaten Bangli kepada Kabupaten Karangasem di Lapangan Werdi Yoana Kecamatan Rendang (14-11-201) oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, SH, M.Hum kepada Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH.


Surat sakti I Gusti Ngurah Rai yang dikawal pasukan P2M diusung diatas tandu diikuti pasukan bendera merah putih, Pataka, Lambang Negara Burung Garuda, Sila-Sila Pancasila serta perangkat lainnya, dikirab keliling Kabupaten /Kota se Bali diikuti sekitar 200 pelajar, siswa-siswi dan berbagai elemen seperti veteran pejuang dan ormas lainnya. Usai pembacaan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dilakukan penyerahan panji-panji dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima yang diisi pula dengan menyanyikan Lagu Taman Pujaan Bangsa dan pelepasan peserta kirab napak tilas panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai menuju Kta Amlapura untukdisemayamkan di mKantr Bupati Karangasem untuk dikirab dan lanjut diserahkan kepada Kabupaten Klungkung di Perbatasan Kabupaten Karangasem – Klungkung di Yeh Malet.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH mengatakan, dalam kndisi bangsa yang banyak cobaan dan kemajuan peradaban dewasa ini, mutlak diperlukan upaya kian menyebarkan nilai-nilai dan semangat perjuangan nasional, khususnya dari etape perjuanagan yang dipimpin pahlawan nasinal I Gusti Ngurah Rai di daerah Bali. Semangat kepahlawanan tersebut besar artinya didalam menunjukkan semangat bela negara dan cinta tanah air, yang dapat menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Penyebaran nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan daerah dapat memperkokoh rasa kebangsaan, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme, sebagai bagian upaya membangun karakter bangsa.



Tidak ada komentar: