Kamis, 28 Oktober 2010

MENPRA ANDI MALARANGENG : BANGUN KARAKTER PERMUDA

28 Oktober 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

MENPRA ANDI MALARANGENG : BANGUN KARAKTER PERMUDA                               

Amlapura - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 82 hendaknya tidak semata disikapi secara seremonial semata melainkan harus diresapi maknanya guna membangun karakter pemuda untuk kemajuan bangsa yang bermartabat.

Demikian diutarakan Menpora Andi Alfian Mallarangeng dalam sambutan tertulis pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 82 dibacakan Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH (28-20-1010) di Lapangan Tanah Aron Amlapura. Dikatakan, pentingnya pembangunan kepemudaan bagi masa depan bangsa karena mesti meletakkan pemuda sebagai bagian utama atau sebagai arus utama pembangunan nasional. Dengan kata lain diperlukan praksisi pengarusutamaan pemuda, untuk mengakselerasikan kemajauan pembangunan nasional. Dengan demikian dapat diletakkan posisi dan peran pemuda pada porsi setrategis. Secara kuantitatif dan kualitatif pemuda merupakan potensi strategis bangsa, untuk mempercepat pencapaian masa depan lebih bermartabat.


Pada bagian lain dikatakan, penguatan praksis pengarusutamaan pemuda menemukan korelasinya secara filosofis, sosiologis maupun yuridis dengan UU No. 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, yang mengamanatkan agar secara sinergis melaksanakan pembangunan kepemudaan yang berbasis pada pelayanan kepemudaan yang menyentuh aspek penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda. Disisi lain ditegaskan, perayaan Hari Sumpah Pemuda diharapkan dapat menjadi media menggelorakan semangat pemuda menginspirasi dan menggerakkan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dengan berbekal semangat juang dan idealisme tinggi pemuda Indonesia membuat catatan sejarah gemilang sejak zaman pergerakan kemerdekaan, semasa kemerdekaan dan pasca kemerdekaan hingga di era reformasi sekarang ini. Dengan semangat muda para pemuda menapakkan jejak perjuangan dalam proses kelahiran negara dan bangsa Indnesia antara lain Gerakan Budi Utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan 1945, Gerakan perubahan 1966 dan gerakan Reformasi 1998. Dari gerakan dari rangkaian peristiwa bersejarah tersebut peristiwa Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 merupakan peristiwa terpenting dan bermakna krusial karena berhasil menyatukan visi dan cita-cita melalui butir-butir Sumpah Pemuda.yang memicu kesepakatan politik.

Apel peringan Sumpah Pemuda ke 82 dihadiri Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana, SH unsur Wakil Ketua DPRD, Kapolres Karangasem, Dandim 1623 Amlapura, Forum Komunikasi Muspida, Sekda Drs I Nengah Sudarsa, M.Si, Pimpinan SKPD, Anggota DPRD Kab. Karangasem masing-masing beserta istri, diikuti peletn TNI/Plri, PNS, Pelajar, P2M, KNPI dan organisasi lainnya, diisi dengan pembacaan Pancasila, UUD ‘ 45 dan Kongres Pemuda, Pengibaran Bendera Merah Putih, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Bangun Pemuda/Pemudi dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga diisi dengan barisan Bineka Tunggal Ika berpakaian adat nusantara tampil mengiringi pembacaan Keputusan Kongres Pemuda tahun tanggal 28 oktober 1928, yang dibacakan I Wayan Darna.



Tidak ada komentar: