Jumat, 29 Oktober 2010

KOMUNITAS PELAKU PNPM SOKONG BALI CLEAN AND GREEN DAN SPIRITUAL TOURISM

29 Oktober 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

KOMUNITAS PELAKU PNPM SOKONG BALI CLEAN AND GREEN DAN SPIRITUAL TOURISM                              

Amlapura - Komunitas pelaku PNPM se Kabupaten Karangasem melakukan gebrakan aksi sosial dengan menggelar acara bakti sosial kebersihan menyokong Program Bali Clean and Green dipusatkan di Pura Silayukti Padangbay Manggis Karangasem. Tidak kurang 430 orang pelaku PNPM diterjunkan menyatu dengan elemen masyarakat adat dan masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan sampah plastik dan sampah organik di seputar komplek Pura setempat.


Ketua Panitia Kabupaten I Wayan Mukir, ST didampingi I G Krisna Adi Widana, ST mengatakan, sebagai wujud partisipasi dan kepdulian dari komunitas pelaku PNPM Karangasem untuk aksi sosial, diarahkan mendukung Program Bali Mandara menciptakan Bali Aman Damai Sejahtera serta mendukung Program Karangasem Spiritual Tourism, khususnya menciptakan lingkungan Bali bersih dan hijau termasuk di kawasan Pura Silayukti Padangbay. Tujuan Bali Clean and Green bertujuan untuk memberi ruang partisipasi sosial bagi pelaku PNPM se Kabupaten Karangasem , sekaligus mengasah kemampuan adaptasi bagi pelaku terhadap lingkungan dalam menciptakan rasa aman dan nyaman sejalan dengan konsep Tri Hita Karana. Kegiatan bakti sosial di lokasi Pura Silayukti selain diisi dengan persembahyangan bersama juga diisi dengan kegiatan kebersihan dan penanaman pohon kelapa. Selain didukung langsung dari sumbangan dan partisipasi internal PNPM di setiap Kecamatan juga memperoleh sumbangan dari masyarakat dan perseorangan yang dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan tersebut.
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) ditambahkan I Ketut Sedana Mertha, ST, MT, yang sudah dilaksanakan di Karangasem sudah berhasil mendorong percepatan pembangunan daerah melalui peran langsung prakarsa masyarakat khususnya untuk menurunkan angka kemiskinan.

Wakil Bupati I Made Sukerana, SH mengatakan, menyambut psitif kegiatan bakti sosial kebersihan dan penanaman pohon yang digagas komunitas PNPM Karangasem. Ia mengharap agar pelaku tidak hanya aktif dan maju dalam pengelolaan program riil pemberdayaan di masyarakat namun juga harus mampu berinteraksi dengan masyarakat terutama mendukung program pemerintah utuk penghijauan

Tidak ada komentar: