Kamis, 28 Oktober 2010

FORUM ALUMNI KMHDI ANGKAT KEKERASAN DALAM SEMINAR SEHARI

28 Oktober 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

FORUM ALUMNI KMHDI ANGKAT KEKERASAN DALAM SEMINAR SEHARI                 

Amlapura - Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindhu Dharma Indnesia (KMHDI) Komisariat Karangasem menggelar seminar sehari mengangkat thema kekerasan bertajuk Kekerasan dalam Berbagai Perspektif.

Ketua Panitia I Ketut Prama Budarta, ST, M. Eng melaporkan, maraknya kekerasan ditengah masyarakat yang tertangkap lewat media massa , dengan latar belakang berbagai macam masalah. Pertikaian, kebringasan yang menyulut sentimen antar etnis yang nyaris tidak mampu ditengarai oleh keberadaan aspek hukum yang seolah terpinggirkan, sehingga dirasakan menjadi ancaman bagi kerukunan anak bangsa. Demikian pula di Bali pertikaian antar Banjar, Desa Adat dan krama adat juga tidak kalah makin marak yang kerap kali disulut masalah sepele. Demikian pula banyak konflik adat disulut oleh perebutan tapal batas, pertentangan hak kepemilikan lahan pelaba Pura, pelarangan penggunaan kuburan, sangsi akibat perbedaan paham berupa kesepekang dsb.

Adanya rasa keprihatinan atas permasalahan tersebut, Alumni KMHDI Karangasem memandang penting masalah tersebut untuk dapat di eleminasi dicarikan solusi jalan keluar melalui forum seminar sehari, sehingga paling tidak semua elemen yang terlibat bisa diajak berbagi tentang permasalahan yang ada agar tidak merembet lebih marak lagi melanda Kabupaten Karangasem.
Narasumber yang tampil memberi makalah dalam seminar tersebut antara lain Pembicara Kunci Wakil Bupati I Made Sukerana, SH, Ida Bagus Surya Dharma Jaya, SH, MH Dosen Fak Hukum Universitas Udayana kandidat doktor hukum, I Ketut S Lanang Perbawa, SH,MH Ketua KPU Bali kandidat doktor hukum, Ida Pedanda Gede Sebali Tianyar Arimbawa Ketua Sabha Pandita PHDI Pusat, Pemerhati Masalah Sosial dan Budaya serta Jero Mangku Gede Putus Upadesa Ketua Majelis Utama Desa Pakraman Prop. Bali . Diikuti olah unsur Lembaga Pemerintah, Lembaga Umat, Lembaga Adat, STT, Ormas, OKP, LSM, Mahasiswa, Guru dan Murid.

Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH mengatakan, kendati Alumni KMHDI baru terbentuk seumur jagung namun sudah mampu mengkoordinasikan pelaksanaan seminar sehari dengan tema yang cukup menyentuh masyatakat Karangasem.. Dikatakan, kompleksitas kekerasan yang kini makin deras di masyarakat tidak terlepas dari pudarnya pemaknaan pedoman agama dalam kehidupan, sehingga mereka terjebak dalam prilaku yang melanggar norma agama dan hukum. Untuk itu diharapkan melalui seminar tersebut dapat disosialisasikan bagaimana langkah-langkah dalam menekan dan menangkal terjadinya kasus – kasus kekerasan di masyarakat. Semestinya semakin maju pendidikan masyarakat akan berpengaruh pada kian membaiknya sikap dan budaya prilaku untuk mengutamakan prilaku baik dan positif sejalan dengan makna ajaran agama dan hukum dimaksud.


Tidak ada komentar: