Rabu, 20 Oktober 2010

KACANG TANAH, KOMODITI UNGGULAN KARANGASEM MASIH DIBURU

20 Oktober 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

KACANG TANAH, KOMODITI UNGGULAN KARANGASEM MASIH DIBURU                  

Amlapura - Kacang tanah sebagai salah satu komoditi Kabupaten Karangasem hingga kini masih menjadi produk unggulan yang diburu pabrik Kacang Garuda dan Dua Kelinci.


Menurut Kadis Pertanaian Tanaman Pangan Ir. I Komang Subrata Yasa (20-10-2010) jenis kacang culik dan kelinci memiliki kualitas rasa spesifik khas gurih dan bersih dinilai cocok untuk menjadi produk olahan kacang garuda dan dua kelinci yang saat ini masih merajai pasaran untuk produk olahan dengan bahan baku kacang. Budidaya jenis culik dan kelinci di wilayah Kubu Abang cocok dengan kontur tanah dan merupakan aplikasi pola tanam untuk di areal persawahan.

Sedangkan pola pengairan sistim springkel yang diujicobakan masih terbatas untuk tanaman cabe namun masih relatif mahal ongkos produksinya dan jangkauan pengairannya juga terbatas. Namun untuk peningkatan kegiatan pertanian perlu dilakukan melalui optimalisasi pemanfaatan air cubing atau embung sehingga dapat member nilai tambah bagi petani dan masyarakat disekitar embung atau cubang.
Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura saat ini sedang mendorong peran Gapoktan sebagai bentuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kerakyatan melalui program PUAP pusat. Kini salah satu Gapoktan Karangasem berhasil keluar sebagai pelaksana Program PUAP terbaik di Bali dan sedang mengikuti even expo and reward di Jakarta. Gapoktan tersebut adalah Gapoktan Tunjung Mekar Macang Sibetan Bebandem Karangasem, berhasil menuai sukses dalam penilaian nasional mewakili Bali mengikuti ajang event Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Expo dan Award 2010 dimana PUAP merupakan Program PNPM-MP nasional, dikoordinir Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) dengan agenda kegiatan pemberian Penghargaan, Pameran dan Seminar Pemberdayaan. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tunjung Mekar Macang Sibetan dinilai Tim Pusat sebagai Gapoktan sukses memperebutkan posisi mewakili Bali ke tingkat nasional, akhir September lalu, dengan penonjolan kegiatan pada usaha pengembangan pemupukan permodalan sebagai lembaga keuangan mikro.


1 komentar:

Teacher Creative Corner mengatakan...

Ikutan gabung , blog walking only, saya fans dari Seraya Barat ada di www.baliteacher.blogspot.com