Selasa, 19 Oktober 2010

Forum DAS Kabupaten Karangasem dibentuk

19 Oktober 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

Forum DAS Kabupaten Karangasem dibentuk                                                                                  
Amlapura - Pembentukan Forum DAS Kabupaten Karangasem Tahun 2010 di laksanakan di wantilan Kantor Bupati Karangasem pada hari selasa, 19-10-2010 yang pesertanya dari Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem, Swasta, LSM, Perguruan Tinggi dan tokoh masyarakat yang peduli lingkungan.


Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah upaya manusia dalam mengendalikan hubungan timbal balik antara sumber daya alam dengan manusia dengan segala aktivitasnya yang bertujuan untuk keserasian ekosistem serta meningkatkan kemanfaatan sumber daya alam bagi manusia secara berkelanjutan.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Karangasem, Drs.Ketut Mudita,SP.M.Agb, dalam laporannya mengatakan bahwa pengelolaan DAS di suatu wilayah Kabupaten pada dasarnya bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggung jawab semua komponen baik swasta maupun masyarakat ,upaya memadukan para pihak (sektor) dalam pengelolaan DAS dirasa sulit karena belum adanya badan atau lembaga formal yang mempunyai wewenang dalam pengelolaan DAS. maka dibentuklah Forum DAS yang pembiayaannya bersumber dari dana APBN DIPA BA 29 pada BPDAS Unda Anyar Provinsi Bali tahun 2010 lanjut Mudita.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, dalam sambutanya yang di bacakan oleh Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukerana, mengatakan dalam tahun 2010 melakukan gerakan penghijauan secara menyeluruh dengan luas kurang lebih 3.125 Ha, berupa; Pengembangan hutan rakyat 400 Ha, Reboisasi pada Kawasan hutan 125 Ha, Penghijauan lingkungan 285 Ha, Kebun bibit rakyat (KBR) 2.375 Ha atau 950.000 bibit. jenis tanaman penghijauan yang umum di kembangkan dan diminati oleh masyarakat Karangasem antara lain Gamelina (jati Belanda), Albizia, Mahoni, Kajimas, Jati, Ampupu. Dikatakan pula konsep keseimbangan pelaksanaan pembangunan patut di kedepankan. pembangunan di sektor hulu dilaksanakan tanpa mengabaikan di sektor hilir. Upaya pelestarian lingkungan melalui pengelolaan hutan dan lahan harus dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan adanya kerusakan lingkungan yang dapat berdampak terjadinya bencana alam.

Pengurus Forum DAS Kabupaten Karangasem yang terpilih yaitu sebagai ketua dari unsur Bappeda dan sebagai wakil ketua dari unsur Badan Lingkungan Hidup.

Tidak ada komentar: