Jumat, 15 Oktober 2010

HARI CUCI TANGAN SEDUNIA

 15 Oktober 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

HARI CUCI TANGAN SEDUNIA
DIPERINGATI DENGAN SENAM DAN CUCI TANGAN MASSAL                                             

Amlapura - Pertingatan pertama kali Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) sesuai Ketetapan PBB tahun 2008 yakni Tahun Sanitasi Internasional 15 Oktober 2010 dilaksanakan di Amlapura dengan melaksanakan Senam dan Cuci Tangan Masal diikuti seluruh PNS di jajaran Pemkab. Karangasem.

Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH mengatakan, peringatan pertama kali Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se Dunia tanggal 15 Oktober 2010 sesuai penetapan lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai penanda penetapan Tahun Sanitasi Internasinal, adalah merupakan wujud untuk membudayakan sanitasi kebersihan tangan di masyarakat khususnya dalam membiasakan mencuci tangan sebelum makan. Dari peringatan ini diharapkan menyadarkan dan mengimbas motivasi masyarakat secara berantai bahwa kebiasaan mencuci tangan sebelum makan penting dilakukan untuk menghindari masuknya bakteri pembawa penyakit kedalam tubuh.
Upaya percepatan peningkatan prilaku cuci tangan pakai sabun perlu dilakukan karena fakta menunjukkan bahwa masih rendahnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun oleh masyarakat yaitu sebelum makan 14,3%, sesuai buang air besar 11,7%, setelah menceboki bayi 8,9%, sebelum menyuapi anak 7,4 % dan sebelum menyiapkan makanan hanya 6 %. Pentingnya mencuci tangan pakai sabun karena tangan merupakan jalur penularan berbagai penyakit menular sperti diare, Ispa, Kecacingan, Hepatitis A serta penyakit lainnya. Dari berbagai riset, risiko penularan penyakit dapat berkurang dengan adanya peningkatan PHBS seperti cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, merupakan interpensi kesehatan yang paling murah, mudah dan efektif dalam mengurangi risiko penularan berbagai penyakit. Wabup Sukerana menghimbau agar mulai membudayakan cuci tangan pakai sabun dari lingkungan keluarga.
Kegiatan peringatan dilakukan dengan cara melakukan cuci tangan masal dilayani Tim Penggerak PKK untuk mencuci tangan pakai Sabun diikuti Wabup I Made Sukerana, SH, Sekda I Nengah Sudarsa, M.Si, Ketua Bappeda I Wayan Arthadipa, SH, MH, seluruh pejabat SKPD di lingkungan Pemkab. Karangasem dan seluruh PNS dilanjutkan dengan senam masal dan olahraga krida bersama.

Tidak ada komentar: