Rabu, 25 Agustus 2010

LIPAMS (Liputan Amlapura Sehari)

25 Agustus 2010

>> Wabup Sukerana, SH
INGATKAN SKPD TIDAK SKEPTIS
Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH mengingatkan segenap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) untuk bersikap tidak skeptis terhadap kondisi daerah yang masih menghadapi keterbatasan anggaran.
Hal tersebut diutarakanya di Amlapura (25-8-2010), menyikapi kondisi keterbatasan keuangan yang dihadapi Karangasem termasuk intensitas program sektoral yang juga mengalami gradasi. Kendati alokasi penjabaran anggaran mengalami gradasi akibat keterbatasan anggaran, hendaknya tidak asal-asalan dan apatis dalam menyusun program kerja. Sistim anggaran yang diarahkan membiayai kegiatan SKPD sudah mengacu pada mekanisme aturan perundangan, sehingga kebijakan untuk menyusun plafon didasarkan pada realita dan kondisi keuangan yang ada. Sebagai aparatur pemerintah, penampilan kinerja tidak sepenuhnya tergantung pendanaan semata-mata tetapi didalamnya masih termasuk menejemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Etos kerja aparatur hendaknya dapat ditunjukkan melalui kedisiplinan mematuhi aturan kerja serta memenuhi kewajiban menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai kapasitas jam kerja yang dipersyaratkan. Dikatakan, pelayanan kepada masyarakat hendakya tetap menjadi misi utama segenap aparatur pemerintah pada semua tingkatan, sehingga memberi citra yang positif bagi Pemerintah Kabupaten. Masalah-masalah masyarakat yang muncul dalam proses APBD berjalan hendakya sedapat mungkin diantisipasi untuk setidaknya dijangkau pada tahap program tahun berikutnya atau masa perubahan APBD berjalan.
Tindak lanjut program yang bergulir di Karangasem dalam skala pembiayaan relatif besar, kendati tidak dibiayai dalam skim APBD II hendaknya juga turut dipantau dan diawasi sehingga tidak timbul permasalahan ditingkat masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, partisipasi masyarakat juga harus tetap dijaga sehingga dapat bersinergi dengan pembiayaan pembangunan yang dilakukan pemerintah.


Tidak ada komentar: