Jumat, 14 Juni 2013

Wakil SMA N 2 Amlapura dan STT Darma Bakti Desa Bugbug, Terpilih Menjadi Jegeg-Bagus Karangasem 2013



Pemenang Jegeg-Bagus Karangasem 2013 (tengah)

Karangasem (RGS FM) – Grand final Ajang Pemilihan Jegeg-Bagus Karangasem akhirnya menobatkan pasangan Ni Luh Putu Lilik Rahmawati dan I Gede Wisma Putra sebagai Jegeg-Bagus Karangasem 2013.

Ni Luh Putu Lilik Rahmawati wakil dari SMA N 2 Amlapura  serta I Gede Wisma Putra  wakil STT Darma Bakti,Desa  Bugbug berhasil menyisihkan 10 Finalis lainnya saat malam Grand final yang dilaksanakan di di Balai Serbaguna Desa Bebandem,Karangasem pada Kamis (13/06).

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg saat membuka Grand final Jegeg-Bagus mengatakan, pembangunan kepariwisataan Bali termasuk Kabupaten Karangasem  adalah berbasis pariwisata budaya sesuai pasal 30 UU No. 9 tahun 1990 tentang Kepariwisataan dan terimplementasi pada Perda Propinsi Bali No 3 tahun 1991. Tumpuan daya tarik wisata bagi para wisatawan adalah keunikan adat istiadat Bali  yang tidak ada duanya di dunia. Ketertarikan para wisatawan mengunjungi Bali dikarenakan adat istiadat dan budaya Bali yang unik membedakan dengan destinasi wisata lain. Demikian pula Karangasem  yang memiliki banyak Desa Pakraman yang satu sama lainnya memiliki kekhasan berbeda-beda dalam melaksanakan upacara ritual yang unik dan sakral ditunjang pula keberadaan Pura Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan. Terkait potensi itu maka Pemkab Karangasem mengembangkan pariwisata spiritual sebagai ikon dalam mengembangkan pembangunan kepariwisataan.  

” ini sebuah motivasi yang cukup baik untuk anak - anak muda, yang peduli dengan kondisi daerahnya sendiri, khususnya bgamamana kedepannya nanti meningkatkan sektor pariwisata melalui promosi-promosi  pariwisata yang akan dilakukan oleh Jegeg-Bagus,”ujar Bupati Seusai acara.

Sedangkan Ketua Panitia Jegeg-Bagus Karangasem ,I Wayan Purna mengatakan, malam Grand Final Jegeg-Bagus Karangasem yang digelar ini,baru pertama kalinya dilakukan di luar Kecamatan Karangasem, melihat antusias masyarakat untuk menyaksikan acara ini, pihaknya berencana kedepannya  melaksanakan Grand Final secara bergiliran disetiap kecamatan.


Sedangkan maksud dilaksanakannya Jegeg – Bagus di Kabupaten Karangasem adalah untuk memberikan wadah bagi generasi muda dalam menyalurkan kemampuan untuk lebih memahami budaya, adat istiadat dan tradisi yang telah mengakar di masyarakat. Sedangkan tujuan utamanya  adalah guna memilih wakil Karangasem dalam ajang yang sama ditingkat propinsi maupun nasional.

” Sebagi media menyalurkan potensi dan daya kreatifitas generasi muda dan sebagai mitra pemerintah menyebarluaskan program pembangunan khususnya dibidang kepariwisataan”

Dari 10 pasangan Finalis, tiga Jegeg Ni ketut Ita Narmadi dari kampus Sigma Milinium Komputer, Ni luh putu lilik rahmawati dari SMA N 2 Amlapura, I Gusti Ayu Diah Oktariyanti dari SMA N 2 Amlapura. Sementara untuk Bagus, tiga finalis yang terpilih yakni, Dw A Krisna Arimbawa P  wakil SMA N 2 Amlapura, I Gede Wisma Putra  wakil STT Darma Bakti Bugbug serta Putu Eka Suputra  wakil STT Yowana Darma Kerti Bebandem yang masuk tiga besar. Setelah melalui persaingan yang cukup ketat, dewan juri akhirnya menobatkan pasangan Ni Luh Putu Lilik Rahmawati - I Gede Wisma Putra mendapatkan nilai tertinggi menggungguli pasangan Ni Ketut Ita Narmadi - Putu Eka Suputra runner up I serta I Gusti Ayu Diah Oktariyanti- Dw A Krisna Arimbawa runner up II.