Sabtu, 01 Juni 2013

Presentase Kelulusan SMP Di Karangasem ,Mengalami Penurunan



siswa SMPN 2 Abang,sebelum pengumuman
Karangasem,(RGS FM)- Presentase tingkat kelulusan siswa SMP di Karangasem tahun 2013 ini mengalami penurunan. Tercatat sebanyak 30 siswa SMP di Karangasem yang tidak lulus Ujian Nasional (Unas). Dari jumalh tersebut, siswa yang tidak lulus Unas terbanyak di SMP Negeri 2 Abang dengan jumlah siswa yang tidak lulus mencapai 18 orang siswa dari 30 orang siswa yang tidak lulus Unas di Karangasem.

Dari 6.165 siswa yang mengikuti Ujian Nasional (Unas) tercatat sebanyak 30 siswa yang dinyatakan tidak lulus Unas. Terbanyak  siswa yang tidak lulus ada di SMP N 2 Abang (18) siswa,SMPN 1 Selat (4) siswa,SMPN 5 Abang (3) siswa,SMPN 4 Amlapura (2) siswa,SMPN 3 Selat dan Muhamadyah masing – masing satu siswa. Dibandingkan tahun 2012 lalu, tingkat presentase kelulusan mencapai 99,97 persen. Namun, tahun ini tingkat kelulusan menjadi 99,91 persen.

Dari pantauan Reporter RGS FM di SMPN 2 Abang saat pengumuman kelulusan SMP ,pada Sabtu (01/06), sekolah berupaya mengantisipasi kekecewaan siswa yang tidak lulus dengan cara memberikan amplop kelulusan agar dibuka di rumah masing-masing. Namun kebanyakan siswa membuka amplop di depan pintu gerbang sekolah. Saat disuruh pulang pun,siswa beralasan masih menunggu mobil angkot. Bagi siswa yang lulus ujian,mereka berteriak girang,sedangkan yang tidak lulus,hanya bisa terdiam memendam kekecewaan. Bahkan ,para guru berupaya menghibur siswa yang tidak lulus tersebut.

”sekolah memberikan amplop kelulusan siswa supaya dibuka dirumah ,namun sepertinya siswa tidak sabar ingin mengetahui lulus atau tidak,”ujar Kepsek SMPN 2 Abang ,I Ketut Sandiyasa.

Pun demikian ,ketika dikonfirmasi terkait banyaknya siswa yang tidak lulus ujian tahun ini ,tidak bisa berkomentar banyak,pihaknya hanya membenarkan bahwa sebanyak 18 siswanya yang tidak lulus ujian. Pihaknya juga berharap siswa yang tidak lulus agar jangan berkecil hati. Menurutnya ,masih ada kesempatan mengulang tahun depan atau ikut kejar paket.

”untuk siswa yang tidak lulus,kami akan datangi rumahnya untuk memberikan motivasi karena masih ada kesempatan mengulang tahun depan atau ikut kejar paket,sekolah pun sudah berupaya agar semua siswa yang ikut unas bisa lulus,namun kenyataannya ada 18 siswa yang tidak lulus juga,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Unas Karangasem, I Ketut Sudana, mengatakan, melihat banyaknya siswa yang tidak lulus Ujian SMP ini,disdikpora Karangasem secepatnya mesti melakukan evaluasi untuk bisa meningkatkan mutu pendidikan.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Bidang Pendidikam Dasar, Disdikpora Karangasem I Gusti Budiadnyana, untuk siswa yang tidak lulus tersebut merupakan siswa yang mengikuti unas. Namun karena nilainya dibawah standar siswa –siswa itu tidak lulus unas. Untuk siswa yang tidak lulus Unas masih ada kesempatan menyusul tahun depan atau mengikuti ujian paket B.

”bagi siswa yang tidak lulus masih ada kesempatan,apakah menyusul tahun depan atau bisa mengikuti ujian paket B,”ujarnya.