Jumat, 17 Agustus 2012

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KE 67 DI AMLAPURA Diawali Penyerahan Remisi dan Penerimaan Pasukan Pelacakan

17 / 08 / 2012

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KE 67 DI AMLAPURA
Diawali Penyerahan Remisi dan Penerimaan Pasukan Pelacakan

Amlapura - Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67 yang jatuh pada, 17 Agustus 2012  tepat pukul 11.00 diperingati di Lapangan Tanah Aron Amlapura dengan Inspektur Upacara Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH. Upacara yang berlangsung hidmat diawali dengan penerimaan pasukan pelacakan Napak Tilas Route Perjuangan I Gusti Ngurah Rai.
I Gusti Ngurah Rai atas nama Dewan Perjuangan Bali dalam surat balasannya seperti dibacakan Bayu mengatakan, dengan singkat disampaikan keamanan Bali adalah urusan kami, semenjak pendaratan tentra tuan pulau menjadi tidak aman, bukti telah nyata tidak dapat dipungkiri lagi, lihatlah penderitaan rakyat menghebat. Mengancam keselamatan rakyat bersama, tambah-tambah kekacauan ekonomi menjerat leher rakyat. Keamanan terganggu karena tuan memperkosa kehendak rakyat, yang telah menyatakan kemerdekaannya. Soal perundingan kami serahkan kepada kebijakan pemimpin-pemimpin  kami di Jawa. Bali bukan tempatnya perundingan diplomatik. Dan saya bukan kompromis. Saya atas nama rakyat hanya menghendaki lenyapnya Belanda dari Pulau Bali atau kami sanggup dan berjanji bertempur terus sampai  cita-cita kita tercapai. Selama tuan tinggal di Bali, pulau Bali tetap menjadi belanga pertumpahan darah, antara kita dan pihak tuan.
Sedangkan untuk menandai kekhusukan peringatan Hut Proklamasi ke 67 dibunyikan Sirene di sekitar Lapangan Tanah Aron Amlapura, serentak tepat pada pukul 11.00 Wita saat detik-detik menjelang Pembacaan Teks. Usai menerima pasukan pelacakan dan pembacaan  surat sakti I Gusti Ngurah Rai, dilanjutkan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD I Gede Dana, S.Pd, M.Si dengan tanda kebesaran serta iringan sirena dan selama 1 menit. Suasana hidmat dan hening menyusup kedalam relung sanubari, saat pembacaan naskah Proklamasi.
Pengibaran bendera merah putih yang menjadi  acara inti peringatan dilaksanakan oleh 76 orang tim Paskibra Daerah yang telah dilatih selama 1 bulan penuh dengan Danki Paskibra I Kadek Nova Dwipayana (SMA I), Dan Ton Pande Kadek Wirayuda (SMA I ), Pengibar Bendera Diah Ayu Putri Paramita (SMAI), I Gusti Agung Bagus Wira Kusuma  (SMA PGRI ) dan  Agus Pratangga (SMAN I)
Sebelumnya dilaksanakan penyerahan remisi di LP Karangasem sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap warga negara yang ada dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP), dilaksanakan pemberian remisi kepada 117 Narapidana  di Lembaga Pemasyarakatan Karangasem, diserahkan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH .
Kepala LP Kelas II B Karangasem Bambang Mariyanto, Amd.IP, SIP melaporkan,  berdasarkan Kepres RI No. 174 tahun 1999 bahwa semua Napi dan Anak Pidana yang memenuhi persyaratan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI  diberikan remisi untuk umum, sesuai Kepmenhuk-ham No. W16-672-PK.01.01.02 tahun 2012  dengan pemberian remisi sebesar 6 bulan sebanyak 3 orang, 5 bulan sebanyak 9 orang, 4 bulan sebanyak 9 orang, 3 bulan sebanyak 29 orang, 2 bulan sebanyak 47 orang dan 1 bulan sebanyak 15 orang. Untuk Lembaga Pemasyarakat Anak  Gianyar di Amlapura  untuk remisi 4 bulan diberikan kepada 2 orang, untuk remisi 2 bulan  sebanyak 1 orang dan remisi 1 bulan sebanyak 2 orang. Sedangkan Napi yang langsung bebas  setelah memperoleh remisi sebanyak 2 orang.  LP Karangaem saat ini diisi terdiri dari 168 Napi.  Untuk memberi pembinaan kepada warga LP dalam rangkaian Hut RI juga dilaksanakan kegiatan: Doa Bersama, Pertandingan Olahraga, Volly, Tenis Meja, Catur dah Lomba Kebersihan Kamar dan Kerja Bakti.
Upacara yang diisi dengan Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Karangasem Ida Wayan Pidada, juga telah diisi dengan Upacara  renungan Suci di Tugu Pahlawan Ciung Wanara tanggal 16 Agustus 2012 tengah malam. Tampak hadir dalam apel Muspida Karangasem, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri Amlapura, Kepala Pengadilan Negeri Amlapura, Kapolres Karangasem, Dandim 1623  Karangasem, Wakil Bupati  I Made Sukerana, SH para mantan Wakil Bupati Drs. I Gusti Lanang Rai, M.Si,  Plt. Sekda I Wayan Artadipa, SH, MH, 40  anggota DPRD Karangasem, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD jajaran Pemkab Karangasem, para Camat, Veteran Pejuang, Ketua KPUD Karangasem Pimpinan Organisasi Keagamaan, Pimpinan Parpol dan Undangan lainnya.  
Usai apel bendera di Lapangan Tanah Aron dilaksanakan acara ramah – tamah dengan semua perangkat upacara, penyerahan bantuan sembako kepada veteran, Lanjut Usia, Panti, Eks Penyakit Kronis dan Penyandang cacat, pemberian bingkisan kepada pasien miskin.