Kamis, 12 April 2012

PULUHAN HEKTAR PADI GAGAL PANEN

12 / 04 / 2012

PULUHAN HEKTAR PADI GAGAL PANEN

Amlapura- Sekitar 30 hektar tanaman padi yang berada di Subak Sangkungan Desa Tangkup Kecamatan Sidemen hampir dipastikan gagal panen. Hal tresebut dikarenkan tanaman padi milik petani di wilayah subak tersebut diserang hama tikus dan wereng, akibatnya para petani diwilayah subak tersebut mengalami kerugian piluhan juta rupiah.

Menurut penuturan sekretaris Subak Sangkungan I Wayan Sutama yang ditemui awak media pada,(12/04) mengatakan, biasanya bulan ini petani sudah bisa memanen padi dan menikmati hasil tanamananya,tetapi sayangnya tanaman padi tersebut sudah terlebih dahulu diserang hama tikus dan wereng yang menyerang bagian buah padi sehingga padi mati dan menguning yang menyebabkan petani gigit jari.”gagal panen sudah mulai terlihat sejak padi baru berumur dua belas hari dimana daun dan akar padi terlihat merah,”ujar Sutama.
Sutama juga menuturkan, selain berwarna merah, batang padi juga dimakan oleh hama tikus sehingga padi tidak bisa berbuah.”samapai saat ini tanaman padi yang gagal panen tersebut kami biarkan saja,”sambungnya lagi.
Akibat dari gagalnya panen padi tersebut, petani mengalami kerugian puluhan juta rupiah,Sutama berharap agar pemerintah setempat ada perhatian terhadap nasib para petani yang sedang mangalami gagal panen tersebut.”kami juga berharap pemerintah bisa mencarikan solusi untuk menghilangkan hama tersebut supaya kedepannya petani bisa menikmati hasil padinya kembali,”ujar Sutama berharap.

Tidak ada komentar: