Kamis, 20 Oktober 2011

PULUHAN AYAM MATI SECARA MENDADAK

 20 / 10 / 2011      http://rgsfmradio.blogspot.com

PULUHAN AYAM MATI SECARA MENDADAK

Amlapura - Puluhan Ayam mati secara mendadak di Br. Bias Desa Ababi ,Kecamatan Abang Karangasem pada ,(19/10). Kematian ayam yang secara mendadak tersebut kontan membuat warga menjadi was-was yang langsung melaporkan hal tersebut ke Dinas Peternakan,perikanan dan kelautan yang langsung melakukan Penyemprotan disenfektan.
Menurut salah seorang warga I Made Berata (Pancing) mengatakan, kematian ayam yang dipeliharanya tersebut baru diketahui setelah dirinya melakukan aktifitas ditempat kerjanya. Sebelum berangkat kerja Berata sempat melihat ayam aduannya tersebut masih dalam keadaan sehat, sekitar pukul 11.00 wita pancing ditelpon oleh salah satu keluarganya yang mengatakan bahwa ayam – ayamnya mendadak sakit dan langsung mati secara mendadak.”sampai pukul satu siang ayam saya mati sekitar delapan ekor,semuanya ayam jenis aduan,”ujar Berata.
Hal yang sama juga dikatakan oleh salah seorang warga Br. Bias lainya I Wayan Suama yang mengatakan ayamnya juga mati secara mendadak.
Sedangkan dari dinas peternakan,perikanan dan kelautan kabupaten Karangasem langsung melakukan penyemprotan dengan disenfektan terhadap ayam,kandang dan tempat ayam warga lainnya,selain itu pihak dinas juga membakar ayam – ayam yang sudah mati,sampai saat ini belum diketahui penyebab kematian ayam-ayam tersebut,namun dari pantauan dilapangan ciri-ciri kematian ayam hampir sama dengan virus H5-NI atau flu burung yakni dari hidung ayam keluar lendir.

Tidak ada komentar: