Jumat, 03 Juni 2011

KARANGASEM GELAR PKB DI GEDUNG KESENIAN

03 / 06 / 2011    http://rgsfmradio.blogspot.com

KARANGASEM GELAR PKB DI GEDUNG KESENIAN


Amlapura – Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Karangasem ke - 33 dipusatkan di Gedung kesenian Amlapura yang di ikuti oleh Organisasi Se- Kabupaten karangasem, Dharma wanita Persatuan SKPD Karangasem ,Tim Penggerak PKK ini dibuka oleh Bupati Karangasem I Wayan Gredeg, SH berlangsung mulai 03 Juni sampai 5 Juni 2011.


Bupati I Wayan Geredeg, SH, mengatakan, thema yang diangkat dalam pelaksanaan PKB tahun ini adalah Desa Kala Patra Adaptasi Diri dalam Multikultur, merupakan harapan sarat akan ajaran etika moral sebagai landasan berpijak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dalam mewujudkan kebersamaan dan mempertebal rasa persatuan dan kestuan demi kemulyaan bangsa dan negara. Melalui garapan seni dan pemahaman budaya dapat dirasakan betapa tingginya nilai seni budaya yang mampu menggiring pola pikir manusia untuk mencapai kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Dikatakan, sudah merupakan komitment masyarakat Bali secara rutin menyelenggarakan PKB setiap tahun, dimaknai bernilai sangat strategis dilaksanakan pada pembentukan mentalitas kehidupan sosial manusia serta pertumbuhan ekonomi rakyat. Tahun 2011 pelaksanaan PKB yang dilaksanakan di Kabupaten Karangasem diawali lomba kewanitaan diikuti penggerak PKK 8 Kecamatan dan organisasi wanita yang dilaksanakan TP PKK, sementara lomba nyastra diikuti anak-anak SD, SMP, SLTA dan utusan Kecamatan. PKB sebagai puncak penampilan seni hendaknya lebih menonjolkan kualitas bentuk penyajian ataupun garapan seni. Dibanding acara seremonialnya. 

Sedangkan Ketua Panitia PKB Nyonya Ni Ketut Sumawati Sukerana, melaporkan, dasar pelaksanaan lomba adalah Perda No. 1 tahun 2011 tentang penjabaran APBD Kabupaten Karangasem. Sedangkan tujuan dilaksanakannya lomba selain untuk menggali kemampuan masyarakat untuk berkreatifitas juga untuk mencari peserta terbaik yang akan mewakili Kabupaten Karangasem dalam Lomba Pesta Kesenian Bali ditingkat Propinsi. Kegiatan lomba dilaksanakan tanggal 3 Juni 2011 dengan Lomba Bunga dan Lomba Busana serta Mececimpedan, tanggal 4 Juni 2011 dilaksanakan Lomba Makanan, Lomba Nyastra, Mapidarta Base Bali dan Mewirama serta tanggal 5 Juni 2011 dilaksanakan Lomba Mesatwa dan Menulis Aksara Bali. Untuk lomba bidang kewanitaan dilaksanakan Lomba Membuat tamiang Kuningan 33 peserta, Membuat Sampian Penjor Galungan 29 peserta, Membuat Jajan Pasung 16 peserta, Jajan Blebes 10 peserta, Serba Ikan 21 peserta, Lomba Busana Ngekeb Upacara Potong Gigi Putri 14 peserta dan putra 11 peserta, Lomba Busana Modifikasi 10 peserta.

Pantauan Reporter RGS FM di Gedung Kesenian, suasana Lomba mececimpedan yang melibatkan anak – anak mendapat applause dari penonton, Peserta cecimpedan yang pesertanya anak – anak tersebut membuat Penonton tertawa. sedangkan untuk hari ini agenda kegiatan PKB tersebut melombakan: Lomba bunga,Lomba Busana dan Lomba Mececimpedan yang pesertanya anak – anak.(1121)

Tidak ada komentar: