Sabtu, 28 Mei 2011

DUA PEMUDA ASAL SERAYA MELANGGANG KE SULAWESI IKUTI PERTUKARAN PEMUDA

28 / 05 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

DUA PEMUDA ASAL SERAYA
MELANGGANG KE SULAWESI IKUTI PERTUKARAN PEMUDA


Amlapura - Dua kader pemuda produktif asal Desa Seraya yang menguasai skil ketrampilan anyaman ate, akhirnya berhasil lolos seleksi pertukaran pemuda antar Propinsi yang diprogramkan oleh Disdikpora Propinsi Bali. 

Kedua pemuda tersebut, menurut penjelasan Kadisdikpora Kab Karangasem Drs. I Gede Ariasa, M.Pd, masing-masing Ni Nyoman Murni (24) asal Bukit Catu, Seraya Timur, pendidikan SMA menguasai skil menganyam ate dengan berbagai design dan ketrampilan tari. Sedangkan untuk putra diwakili I Gede Suantara (26) asal Seraya Barat pendidikan SMA menguasai ketrampilan tabuh gong, angklung, tari cakepung dan trampil menganyam ate.
Dikatakan Kadisdikpora Drs. I Gede Ariasa, M.Pd, keberhasilan wakil Karangasem bisa mewakili Bali karena memang sosok dua pemuda tersebut memenuhi kriteria yang dipersyaratkan sebagai hasil seleksi tingkat Propinsi. Diakuinya, tidak mudah mencari calon pemuda yang memang berkualitas dengan memiliki berbagai ketrampilan dan produktif. Pemuda-pemuda produktif seperti itu memang didorong untuk bisa dicetak sehingga potensi pemuda Karangasem bisa termotivasi untuk berkarya secara produktif. Tahun lalu Karangasem juga sudah berhasil mengirimkan wakilnya ke Bengkulu selama 1,5 bulan atas nama I Nyoman Bayu Sutha (23) yang sudah berhasil menimba pengetahuan seperti budidaya teh rosella serta pertukaran kebudayaan.
Dalam rangka mendorong produktifitas dan pemberdayaan pemuda disusun melalui program yang ada pada unit Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) antara lain Program Jambore Pendidikan Luar Sekolah, Festival Seni Siswa, Porsenijar serta Pertukaran Pemuda Antar Propinsi yang diprogramkan dari Propinsi Bali.

Tidak ada komentar: