Senin, 04 April 2011

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Ri Dr. Sapta Nirwandar CEK DERMAGA CRUISE, PASTIKAN BANTU PROMO DAN PROSPEK PENDAYAGUNAAN

04 / 04 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Ri Dr. Sapta Nirwandar
CEK DERMAGA CRUISE, PASTIKAN BANTU PROMO DAN PROSPEK PENDAYAGUNAAN

Amlapura - Pasca melakukan promosi ke Miami Florida tentang kesiapan Dermaga Cruise Tanah Ampo Manggis, Karangasem, Bali dikalangan agent Cruise Dunia sebelumnya, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI, DR. Sapta Nurwandar, melakukan kunjungan dan ceking langsung ke lokasi dermaga, guna mengetahui dari dekat kondisi Dermaga Cruise yang telah dipromosikan serta mengetahui evaluasi pasca kedatangan cruise perdana melalui phontoon jetty. Pada kunjungannya ke Karangasem (1-4-2011) Dirjen Sapta Nurwandar didampingi Sekretaris Dirjen pemasaran Pariwisata Fathul Bahri dan Direktur Promosi Luar Negeri Noviendi Mahalam, diterima Bupati Karangasem I wayan Geredeg, SH, Sekda Drs. I Nengah Sudarsa, M.Si, Ketua Bappeda I Wayan Arthadipa, SH, MH, Asisten II Drs. I Made Sujana Erawan, MAP, Kadis Kebudayan dan Pariwisata (Budpar) I Wayan Purna, S.Sos, Staf Ahli I Gusti Ketut Sadia, B.Sc dan sejumlah pejabat terkait dilingkungan Pemkab Karangasem. 


Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Pemasaran dan Pariwisata Kementrian Budpar RI DR. Sapta Nurwandar yang telah banyak membantu dalam kaitan pembangunan Dermaga Cruise Tanah Ampo, khususnya terkait pemasaran aspek kepariwisataan dalam rangka memberdayakan dan mengoptimalkan peran infrastruktur Dermaga Cruise satu-satunya di Indonesia, yang kini masih dalam proses penuntasan pembanguann tahap akhir serta penyelesaian berbagai komitment pengelolaan kedepan. Saat melakukan presentasi di Miami Florida kesempatan yang diberikan akhirnya berhasil membawa Kapal Cruise pertama lego jangkar di Dermaga Cruise Tanah Ampo dengan menggunakan Phontoon Jetty, sebagai bentuk uji coba terhadap pemberdayaan sementara infrastruktur yang telah dbangun pemerintah baik Pusat, Propinsi maupun Kabupaten. 

Dengan keberhasilan uji coba yang mendapat sambutan antusias dan mengesankan Kapten Kapal Cruise MV. Volendam, bakal menjadi starting point bagi keberadaan dermaga Cruise Tanah Ampo telah berpengalaman menerima Cruise dan melakukan evaluasi langsung berbagai kekurangan yang ada. Menurut Bupati geredeg, kedepan bakal segera dilakukan perubahan-perubahan dalam mempersiapkan kedatangan cruise yang akan singgah dan menurunkan langsung wisatawan di Dermaga Cruise melalui bantuan phontoon Jetty yang bakal disempurnakan. Keberadaan dermaga Cruise Tanah Ampo disamping didukung adanya Depo Pertamina Manggis untuk keperluan cadangan bahan bakar serta suplay air bersih dengan kualifikasi A dari sumber air baku Sungai Telaga Waja yang kini telah siap melayani Kapal Cruise. Kebutuhan lain jika diperlukan cruise antara lain akomodasi hotel di kawasan pariwisata Candidasa, hasil pertanian, buah-buahan dan bahan makanan lainnya, Klinik Internasional Penta Medika, paket hiburan seni budaya, pasar seni serta hasil kerajinan dan souvenir khas Karangasem, sudah siap mendukung cruise yang singgah di Karangasem. 

Dirjen DR. Sapta Nurwandar merasa terkesan dan menyambut antusias keberadan Dermaga Cruise Tanah Ampo dan bakal membantu sepenuhnya untuk memberdayakan secara maksimal sekaligus dipasarkan untuk kedatangan cruise-cruise kedepan. Kendati belum selesai dibangun tuntas, namun menurut Sapta Nurwandar, sudah sangat layak dan representatif untuk difungsikan dengan menambah dua Phontoon Jetty di kanan dan kiri dermaga sehingga lebih cepat bisa menurunkan wisatawan cruise. Ia bahkan bakal berupaya dan mendorong agar pengelolaan Dermaga Cruise kedepan dapat dilakukan Pemkab Karangasem bekerjasama dengan pihak yang professional serta melalui mekanisme aturan hokum yang ada, sehingga bisa memperoleh income daerah guna mencapai kemajuan daerah dan bisa lepas dari posisi kemiskinan yang masih dirasakan. 

Dirjen Sapta bahkan sempat berkeliling dermaga untuk mengetahui profile dermaga sesungguhnya sehingga bisa dengan tepat dilakukan pengembangan dari sisi kepariwisataan. Ia tertarik juga untuk mengembangkan kegiatan marina di samping dermaga untuk memberi akses aktifitas kapal-kapal kecil (Yach) sehingga bisa meramaikan pelabuhan cruise. Ia mengharap penataan selanjutnya lokasi pelabuhan kapal pesiar Tanah Ampo, memiliki kekhasan dan daya tarik yang spesifik sehingga Cruise Dunia menemukan lain yang lain ketika bersandar dan singgah di Tanah Ampo.

Tidak ada komentar: