Selasa, 08 Maret 2011

PASCA DIGEBRAK WABUP,1 GUIDE KHUSUS BESAKIH DISKORSING 1,5 TAHUN

 08 / 03 / 2011    http://rgsfmradio.blogspot.com

PASCA DIGEBRAK WABUP,1 GUIDE KHUSUS BESAKIH DISKORSING 1,5 TAHUN

Amlapura - Pasca digebrak Wakil Bupati Karangasem keberadaan guide khusus Besakih yang katagori oknum nakal berhasil dicokok 1 oknum dan dikenai sangsi skorsing 1,5 tahun tidak boleh operasi. Oknum tersebut kedapatan melakukan praktek illegal dengan mencegat wisatawan dan menghalangi berkunjung ke Pura Besakih. 


Demikian diutarakan ketua Guide Khusus besakih I Putu Artawan (8-3-2011) di besakih. Dikatakan, pihaknya bersama Perbekel Besakih dan Camat Rendang selaku Koordinator Penatan dan penertibawaban Kawasan Suci Besakih bersama unsure Muspika Kecamatan rending telas menerus melakukan pembinaan, menyusul tengara adanya praman atau guide nakal yang kerap kali dituding memeras atau melakukan praktek curang yang menodai keberadaan obyek wisata Besakih dan dan menodai citra Pura Agung Besakih.
Artawan, memang mengakui jika masih ada saja oknum anggotanya yang kini berjumlah 400 orang baik yang bersertifikat maupun belum. Namun karena menyangkut prilaku, fikiran dan sikap mental memerlukan wakltu untuk mengatasinya dan menyadarkan mereka sehingga dapat kembali menyadari betapa epentingnya menjaga citra sebagaiguide khusus Besakih yang bertugas ememberi pelayanan infoirmasi bagi wisatawan tenbtang keberadaan Pura Agung Besakih sendiri. 

Disamping 1 orang oknum guide yang sudah dikenai sangsi setiap hari juga sudah dilakukan pengawasan dan pembinan bagi komunitas guide yang bertugas secara bergiliran setiap hari. Namun dirasakan kendala yang masih ada antara lain belum ada Pos Pengaduan gerak Cepat sehingga jika ada pelanggaran bisa cepat ditangani melalui Pos tersebut. Selama ini memang dirasakan masih lamban karena kurangnya sarana tersebut, jika ada tamu komplin terkadang waktunya sudah lewat sehingga sulit memproses dan memastikan apakah benar pengaduan dimaksud tidak mengada-ada. Jika ada pos pengaduan cepat saat itu juga bisa ditangani dan oknumnya langsung bisa diproses. Untuk itu pos kecil berstil Bali yang perlu ada di depan pelataran Pura besakih sekitar bernilai 30 juta dengan kelengkapannya. Jika itu bisa diwujudkan Artawan optimis bisa lebih cepat menangani adanya pelanggaran bagi para guide nakal tersebut.

Kekurangan pramuwisata dalam menjaga cita dan pelayanasn mengakui kekurangan etetapi setelah dilakukan pembinaan mereka yg dinyatakan nakal sudah banyak mengalami kemajuan dan sudah banyak mengalami perubahan. Kedepan dgn kinerja dan perhatian pemerintah guide khusus besakih yakinbia lebih baik lagi. Selama berlangsung penertiban dan penataan kawasan besakih telah mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari tahun-tahun sebelumnya. Saat ini rata-rata kunjungan per hari sekitar 200 orang wisatawan datang ke Pura Besakih.

Menyangkut taraf kesejahteraan para guide khusus Besakiah, dikatakan Artawan masih jauh dari layak sel;ain hanya mengantongi insentif 75 ribu perbulan dari pemerintah juga hanya memperoleh tambahan sekitar 50-60ribu rupiah per saat tugas. Jumlah guide khusus Besakih sebanyak 400 orang menawarkan jasa dilayani dengan harga 20-60ribu per pelayanan informasi di Besakih bersih dibawa pulang sekitar 50 ribu rupiah. Menanggapi issue-isue yang dialamatkan kepada Guide khusus besakih, Artawan mengaku menanggapinya dengan positif thingking saja, guide nakal dan tetap melakukan pembinaan secara intensif. Untuk itu ia mengusulkan agar insentif petugs ditingkatkan dengan standart paling tidak 500 ribu per orang per bulan.

Tidak ada komentar: