Sabtu, 12 Februari 2011

PENCEMARAN DEPO BERHASIL DITANGGULANGI DENGAN TUNTAS

12 / 02 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

PENCEMARAN DEPO BERHASIL DITANGGULANGI DENGAN TUNTAS

Amlapura - Kejadian pecahnya flexible joint pipa backloading MFO yang mengakibatkan tumpahnya 10 kilo liter MFO berhasil ditanggulangi sehingga tumpahannya tidak mengakibatkan tingkat pencemaran serius.

Menurut laporan kejadian, Operation Head Terminal BBM Manggis Andarias A. Rambu (9-2-2011), kejadian terjadi pada tanggal 7 Februari 2011 sekitar pukul 21.15 wita, yang diakibatkan tekanan tinggi karena perbedaan ukuran pipa penyalur minyak dari dermaga ke kapal. 

Dikatakan, saat itu terjadi pemompaan backloading MFO dari dermaga III yang menggunakan pompa 150KL/jam dengan diameter selang 6 inci, sementara sarfas penerima di manifold Tongkang Dewi Alor menggunakan modifikasi reducer jenis y.piace dari 6” ke 3” x 2 jalur yang dikoneksi ke pipa 6” lagi dan jalur ke tangki penerima tongkang menggunakan selang ukuran 3” yang dipasang reduce 6” ke 3”. Setelah diselidiki ternyata perbedaan akibat tekanan pada pipa backloading yang menyebabkan flexibel joint di outlet pompa backloading MFO pecah. Akibat pecahnya pipa tersebut menimbulkan tumpahan MFO 200 liter.
Kejadian diawali pukul 19.00 wita saat pemompaan MFO dilakukan dari dermaga ke Kapal Tongkang Dewi Alor, baru setelah pukul 21.15 petugas control room mendapat laporan dari petugas jaga yang melihat MFO di selokan area pompa, selanjutnya petuga PP Wayan Budiastawa segera menuju pompa untuk mematikan pompa yang direspon petugas LK3 Wayan Narda segera datang ke oil catcher nomor 1 dan 2 menutup pintu keluar oil catcher. Setelah informasi menyebar langsung datang pula petugas PPP Friet A.M Pello bersama Pws dan K3LL menuju lokasi melakukan penanggulangan dan mengisolasi tumpahan didalam dan diluar lokasi guna mencegah adanya dampak lingkungan.

Saat itu juga dibentuk tim penanggulangan berjumlah 18 orang pekerja untuk menghisap tumpahan MFO di selokan menggunakan vacum truck dan pompa transfer MFO ke bridger, sementara petugas diluar lokasi dibantu 11 orang pekerja juga melakukan pencegahan dampak tumpahan menggunakan oil boom ex untuk menghilangkan sisa minyak yang realize ke laut dan mengumpulkan tanah dan pasir yang tercemar sebanyak 8 karung untuk dikeringkan.

Tidak ada komentar: