Kamis, 17 Februari 2011

KEMBANGKAN POTENSI DESA,DUDA TIMUR GENCAR BANGUN INFRASTRUKTUR JALAN

17 / 02 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

KEMBANGKAN POTENSI DESA,DUDA TIMUR GENCAR BANGUN INFRASTRUKTUR JALAN

Amlapura - Untuk mendorong penggarapan potensi desa di Perbekelan Duda Timur, kini gencar dibangun infrastruktur berupa ruas jalan menghubungkan wilayah-wilayah terpencil Banjar-banjar dinas/adat, dengan jalur utama ruas jalan desa.


Menurut Perbekel Duda Timur I Gede Pawana (17-2-2011), pembangunan ruas jalan yang sudah dibangun dan diresmikan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH adalah ruas jalan Taman Bali menuju Putung sepanjang 400 meter dengan got, menelan biaya sebesar 140 juta dari sumber dana PNPM –MP tahun 2011, yang dikerjakan secara swadaya berikut dukungan kemampuan pendamping swadaya secara keseluruhan mencapai 60 juta diantaranya 10 juta merupakan swadaya muri dari pengerjaan dan 50 juta merupakan swadaya nilai lahan yang dimanfatkan untuk badan jalan.

Pada ruas lainnya Desa Wates Kangin juga sudah berhasil membangun jalan sepanjang 1,2 Km menghubungkan Dusun/Banjar Pateh menuju Wates Kangin Desa Duda Timur menelan dana sebesar 700 juta dengan sumber dana dari dana penyesuaian Kabupaten Karangasem. Kedua ruas jalan tersebut bertujuan untuk memperlancar transportasi meningkatkan perekonomian desa, mempercepat penggarapan potesi wilayah terutama di dusun-dusun terutama bidang pertanian seperti hasil buah-buahan seperti wani, durian, salak yang tersebar pada lahan seluas 50 Ha di Dusun Pateh. Sebelumnya masyarakat tidak dapat melalui jalan tersebut dengan roda empat karena rusak parah.

Sebagaimana diketahui peranan infrastruktur jalan sangat erat kaitannya dengan kemampuan ekonomi masyarakat. Dengan ketersediaan sarana jalan maka tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat makin menggeliat. Demikian pula dengan fasilitas umum lainnya seperti air, jalan, listrik dan sarana komunikasi merupakan prasyarat dasar dalam membuka peluang memajukan perekonomian desa.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH dalam kesempatan tersebut meminta masyarakat Duda Timur bersama-sama menjaga kualitas dan keberadaan jalan yang sudah berhasil dibangun dengan nilai yang cukup mahal. Denga adanya sarana transportasi jalan, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan aktifitas ekonomi sehingga dapat mendorong kemampuan daya beli yang pada gilirannya dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut sekaligus bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan yang angkanya relatif masih cukup tinggi di Karangasem. Terkait mendorong kemajuan pariwisata di ODTW Putung, Bupati meminta agar dapat dijaga kualitas lingkungan terutama dari sampah dan sampah plastik, menciptakan Sapta Pesna sehingga jalur Putung - Manggis yang menawarkan view menawan dapat makin menarik wisatawan untuk berkunjung ke DTW Putung.

Tidak ada komentar: