Selasa, 11 Januari 2011

7 KELOMPOK TANI TERNAK BERPRESATASI 2010

11 / 01 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

7 KELOMPOK TANI TERNAK BERPRESATASI 2010                              

Amlapura - Tujuh Kelompok Tani Ternak Kabupaten Karangasem mencatat prestasi gemilang sepanjang tahu 2010 dengan menyandang berbagai predikat kejuaraan dari tingkat Kabupaten hingga nasional.

Menurut penjelasan Plt. Kepala Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan (Disnakkeper)Kabupaten Karangasem drh. I Ketut Artama, M. Si (11-1-2011) di Amlapura, ke tujuh kelompok tani ternak tersebut merupakan kelompok-kelompok yang aktif mengembangkan potensi bidang peternakan dalam upaya mendorong peningkatan produktifitas dan taraf kesejahteraan peternak. Media kelompok merupakan wahana efektif untuk mencapai target profit dan volume usaha sekaligus mampu mengembangkan potensi dengan skala usaha yang relatif besar karena dilandasai kerjasama kelompok. 

Ketujuh kelompok tani ternak tersebut adalah Kelompok Tani Ternak Kambing Mekar Tani Desa Pemuteran, Pempatan, Rendang mengantongi piagam penghargaan nasional ketahanan pangan dari Mentri Pertanian Suswno atas prestasi dan prakarsa mendorong dan mewujudkan pemantapan ketahanan pangan regional tahun 2010. Kelompok ini juga dinobatkan sebagai pemegang sertifikat pemenang, telah berpartisipasi pada lomba kelompok peternak dan petugas teknis berprestasi tingkat nasinal dengan sertifikat dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, MM, Ph.D. Sedangkan kelompok ternak yang mengantongi prestasi nasional juga adalah Kelompk Mina Murti Saren Kauh, Budakeling, Bebandem dengan meraih Penghargan Adibakti Mina Bahari sebagai juara III katagori pembudidayaan udang tingkat nasional. Masih dalam katagori mina bahari, Nelayan I Nyoman Mangku (perseorangan) asal Banjar Lebah Desa Sukadana, Kubu juga meraih penghargaan Adibakti Mina Bahari sebagai pemenang II tingkat nasional.

Berikutnya dibidang pengembangan ayam buras, Dinas Peternaka Kelautan dan Perikanan Karangasem juga mencatat prestasi dari Kelompok Tani Ternak Ayam Buras Tunas Mekar Jaya Kubakal, Pempatan, Rendang sebagai Juara III Lomba Kelompok Tani Ternak Ayam Buras Propinsi Bali. Prestasi Tunas Mekar disusul juga oleh Kelompok Tani Ternak Ayam Buras Ingin Maju Banjar Dinas Gerobog Desa Seraya Tengah Karangasem sebagai kelompok terbaik tingkat Kabupaten. Sedangkan untuk ternak sapi potong, prestasi tingkat Propinsi juga disumbangkan Kelompok Tani Ternak Sapi Potong Gopala Suci Laksana Desa Liligundi, Bebandem sebagai juara III tingkat Propinsi. Prestasi peternak Liligundi tersebut juga disusul rekannya dari Kelompok Sapi Potong Arta Sedana Banjar Dinas Alas Ngandang, Desa Pempatan, Rendang sebagai kelompok ternak terbaik di Kabupaten Karangasem.(1121)

Tidak ada komentar: