Selasa, 02 November 2010

WAKIL LOMBA PENANGGULANGAN KANKER TERPADU KARANGASEM DINILAI TIM PROPINSI

02 November 2010 http://rgsfmradio.blogspot.com

WAKIL LOMBA PENANGGULANGAN KANKER TERPADU KARANGASEM DINILAI TIM PROPINSI                               

Amlapura - SMA PGRI Amlapura yang mewakili Kabupaten Karangasem dalam Lomba penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) dinilai Tim Propinsi Bali dipimpin Nyonya Ayu Pastika (2-11-2010) di Amlapura.
Direktur RSUD Karangasem dr. I Gede Parwata Yasa, Sp.Og melaporkan, kegiatan PKTP penting dilaksanakan untuk mendrng tumbuhnya kesadaran akan bahaya peyakit kanker secara dini khususya dikalangan masyarakat sekolah. Mengingat tingkat bahaya penyakit kanker begitu mencemaskan sebagai ancaman kematian, maka tidak bisa ditawar lagi partisipasi kalangan anak didik mutlak diperlukan sebagai bagian dari upaya menyehatkan masyarakat. 


Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH mengatakan, dalam Lomba penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Bali diwakili SDN 5 Karangasem, SMPN No. 2 Amlapura dan SMA PGRI No. 1 Amlapura. Kegiatan dimaksud melombakan Penyuluhan Kanker, Koor Kanker, Simulasi Penanggulangan Kanker, Tanaman Obat Keluarga (TGA), Kantin Sekolah Sehat dan Ruang UKS. Tujuan lomba adalah untuk memasyarakatkan penanggulangan kanker secara dini agar siswa mampu dikuasai dan ditularkan kepada siswa lain, keluarga dan masyarakat serta dipahaminya penyebab kanker. Kanker merupakan ancaman paling menakutkan yang bisa menyebabkan kematian. Untuk itu diperkukan pengenalan penyakit kanker sejak usia dini dengan melaksanakan program PKTP di sekolah - sekolah.

Tujuannya adalah meningkatkan lingkungan sehat di sekolah, menumbuhkan partisipasi budaya hidup sehat di sekolah, menciptakan interaksi harmonis dan menciptakan lingkungan bebas kanker. PKTP merupakan pelopor di Bali dalam penanggulangao kanker sejak 10 tahun membantu menurukan angka prevalensi penyakit kanker ditengah meningkatnnya penyakit kanker dari tahun ke tahun. 

Ketua Tim Nyonya Ayu Pastika mengatakan, kekawatiran akan kian meningkatnya penyakit kanker menuntut upaya penanggulangan terpadu antara pemerintah, swasta maupun masyarakat. PKTP adalah merupakan program penanggulangan penyakit kanker menyeluruh yang dilaksanakan oleh semua potensi yang ada secara lintas program dan lintas sektoral melalui keempat aspek penanggulangan yakni pencegahan primer, deteksi dini, pengobatan dan paliatif / bebas nyeri secara multi disipliner. Dalam penanggulangan penyakit kanker diperlukan sikap dan prilaku positif dan responsif dari penderita, keluarga dan masyarakat. Untuk mewujudkannya diperlukan informasi dan sumber daya tiap indivisu mempunyai kemampuan mengusahakan pencegahan, pengurangan risiko terkena kanker serta pengobatan sedini dan setepat mungkin.

Penelitian di Indonesia membuktikan 80 % kanker paru disebabkan kebiasaan merokok dengan 76% jumlah penduduk yang mulai merokok dibawah usia 25 tahun. Kegiatan PKTP meliputi penyuluhan, paduan suara, pesan-pesan melalui pertunjukan trandisional, simulasi dsb, dengan harapan dapat meningkatnya kualitas harapan hidup, menurunkan angka kesakitan dan kematian disebabkan penyakit kanker.

1 komentar:

ichwana mengatakan...

terima kasih atas infonya..
kunjungi juga http://elektro.unand.ac.id
terima kasih

http://doichwana.blogspot.com