Jumat, 22 Oktober 2010

STT WERDHI YOWANA TIHINGAN BEBANDEM

22 Oktober 2010   http://rgsfmradio.blogspot.com

STT WERDHI YOWANA TIHINGAN BEBANDEM
DUTA KARANGASEM KE LOMBA STT PROPINSI BALI                                                              

Amlapura - Sekaa Teruna Teruni (STT) Werdhi Yowana Banjar Dinas Tihingan, bebandem, kecamatan bebandem Karangasem menjadi duta kabupaten Karangasem pada Lomba STT Propinsi Bali, 21-10-2010 dinilai Tim Propinsi Bali dipimpin Ni Made Suartini, SH, MH Kepala Bagian Kepemudaan Biro Kesra Propinsi Bali.


Kelian STT I Made Suadarma mengatakan , sehubungan pelaksanaan penilaian Lomba Sekaa Teruna-Teruni (STT) propinsi Bali merupakan wahana bagi STT Werdhi Yoana untuk memahami perkembangan dan arah tujuan lembaga STT dalam pembangunan budaya seni dan sumber daya manusia. Melalui lomba STT diharapkan dapat memperoleh pengalaman serta pengetahuan baru untuk dimanfatkan memajukan lembaga STT Werdi Yoana kini dan di masa yang akan datang. STT sebagai wahana berkumpulnya para pemuda melaksanakan dresta adat untuk menuju kesejahjteraan dan kemandirian STT dalam berbagai bidang kehidupan adat dan agama, yang didasarkan pada falsafah Tri Hita Karana mencapai tujuan dharma agama dan dharma Negara.

Beberapa kegiatan STT Werdhi Yoana yang dilaksnakan antara lain bidang keagamaan sebagai wahana bagi STT meemperdalam ajaran agama yang sangat berguna bagi seluruh anggota STT diwujudkan dalam pelaksanaan persembahyangan bersama setiap Purnama Tilem serta saat berlangsung upacara agama. Menjalankan roda organisasi sebagai wahana melakukan mekenisme kegiatan dalam mengisi dan melaksanakan program telah memiliki struktur organisasi sesuai petunjuk.Sedangkan pada bidang administrasi ditujukan untuk mencatat dan membukukan dan mendokumentasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara aktif. Menjalankan program pemerintah seperti seni budaya, kesehatan, pendidikan dan pembangunan lainnya.
Dalam meningkatkembangkan sistim informasi STT juga telah memanfaatkan dunia maya dengan memiliki email stt_werdhiyowana@yahoo.com, face book STT Werdhi Yowana dan Blog STT yakni STWerdhiyoana@blogspot.com.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH diwakili Asisten II Drs I Made Sujana Erawan mengatakan, lomba Sekaa Teruna hendaknya dimanfaatkan sebagai sarana melestarikan dresta agama dan seni budaya Bali . Dengan mengikuti Lomba generasi muda / Sekaa Teruna tertarik untuk memahami dan mencintai khasanah budaya lokal milik sendiri, yang didasarkan pada catur dresta sebagai pilar utama kokohnya akar budaya Bali dengan kekuatan partisipasi pemuda didalamnya.

Kepala Bagian Kepemudaan Biro Kesra Propinsi Bali . Ni Made Suartini, SH, MH mengatakan, lomba STT ditujukan untuk memberi bekal dan kesempatan belajar bagi pemuda / Sekaa teruna, menumbuhkan budi pekerti untuk menyongsong tanggung jawab ke depan sebagai krama Banjar dan Krama Desa Adat. Penumbuhan budi pekerti dimaksudkan mengingat Bali dibangun diatas dasar kesucian dalam mewujudkan Bali Jagadhita ya Ca Iti Dharma sesuai dasar Agama Hindhu. Melalui kecintaan terhadap adat Bali Sekaa Teruna dapat terhindar dari ancaman pengaruh negatif globalisasi dan nilai yang bertentangan dengan Agama Hindhu serta kembali kepada akar budayanya.

Penilaian juga disemarakkan dengan penampilan pameran hasil kegiatan Sekaa Teruna seperti Ukiran, Membuat Bebali, Ngebat, Sarana Adat Perhotelan, Bar Tender, Bengkel, Membuat Sarana Pitra Yadnya serta menampilkan peed Rejang Anyar, Rejang Dewa, Pendet,, BaLeganjur, Olahraga, demontrasi bahaya narkhoba, pelestarian lingkungan berupa menanam pohon serta melaksanakan kebersihan lingkungan, ditandai pula dengan penyerahan Eka Ilikita oleh penari Hanoman Duta.


1 komentar:

STT Werdhi Yowana mengatakan...

suksma atas partisipasi masyarakat karangasem khususnya banjar pakraman tihingan, desa pakraman bebandem yang telah memberikan dukungan demi terselenggaranya lomba sekaa truna werdhi yowana ke tingkat propinsi. semoga hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama