Selasa, 05 Oktober 2010

SD 4 MELENGGANG KE LOMBA UKS BALI

05 Oktober 2010
SD 4 MELENGGANG KE LOMBA UKS BALI                                                                       

Amlapura - Sekolah Dasar (SD) Nomor 4 Tianyar Kecamatan Kubu dipercaya mewakili Kabupaten Karangasem dalam Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Propinsi Bali, dinilai Tim Propinsi Bali dipimpin


Kepala SD No 4 Tianyar I Nengah Rata, S.Pd melaporkan, SD 4 Tianyar yang terletak di Dusun Dharma Winangun merupaka wilayah kering dan gersang dengan hanya memperoleh rata-rata 4 bulan musim hujan per tahun. Jumlah siswa 271 orang terdiri dari 142 orang laki dan 129 orang perempuan didukung 10 orang guru kelas PNS, 2 orang pengabdi, 1 orang guru penjaskes, 2 orang guru agama Hindhu, 1 orang GTT, 1 orang tenaga TU, dan 1 orang penjaga SD didukung 10 rombongan belajar, masing-masing 1 unit Kepala Sekolah dan Guru, UKS, Perpustakaan, 6 buah WC, 6 peturasan dan masing-masing 1 kantin dan tempat ibadah.

Masalah kebersihan sekolah ditangani bersama antara sekolah, komite dan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan sekolah Bersehati sebagai upaya membudayakan hidup sehat dengan mengadakan gerakan PBB (Pasukan Budaya Bersih) yang dilaksanakan 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Disamping itu sekolah juga melaksanakan rahasia kebersihan terhadap anak didik baik kebersihan pribadi maupun lingkungan dilaksanakan pada waktu tertentu, yang dilakukan oleh 33 orang dokter kecil diawasi 3 orang guru piket sebagai wujud program Trias UKS yakni Pendidikan, Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Pembelajaran Inovatif yang dilaksanakan SD 4 Tianyar adalah Pengumpulan Sampah Plastik di Lingkungan Rumah Siswa sesuai komitment Pemerintah Kabupaten. Hasil pengumpulan sampah plastik dimanfaatkan mendukung kegiatan saat kenaikan kelas berlangsung. 

Dampak program UKS mampu mendorong minat belajar siswa sehingga meningkatkan prestasi dibuktikan dengan meraih prestasi ditingkat Kecamatan dan Kabupaten serta menurunnya angka DO sekaligus dapat mempraktekkan budidaya tanaman TOGA. Dikalangan siswa juga dibangkitkan jiwa peduli sosial dengan memberikan sumbangan manakala ada siswa mengalami musibah serta.

Ketua Tim Penilai Propinsi Bali Dra. Ni Ketut Tuty Karnasih, M.Si Ka.Bag Bir Kesra Pemprop Bali, mengatakan, lmba UKS merupakan program unggulan dalam bidang pendidikan kesehatan di sekolah dalam rangka meningkatkan kesadaran kebersihan dan kesehatan lingkungan bagi sekolah dan masyarakat lingkungan. Untuk itu komitment sekolah, masyarakat dan pemerintah tetap slid untuk mendukung keberhasialan program dimaksud agar bermanfaat bagi anak didik dan masyarakat luas.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH mengatakan, Kabupaten Karangasem memiliki dengan luas wilayah 76.895 Ha dengan kondisi 92 % lahan kering dan 8 % lahan basah, dibagi dalam 8 Kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 400.000 jiwa. Sementara itu jumlah sekolah TK sebanyak 86 seklah, SD negeri dan swasta sebanyak 358 sekolah, SMP negeri/swasta 33 sekolah dan SMA negeri swasta sebanyak 20 sekolah. Pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah melalui UKS dilaksanakan melalui Lomba UKS dengan tujuan tidak semata memperoleh juara untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik khususnya prilaku hidup sehat menciptakan SDM berkualitas. Selain itu program UKS diharapkan dapat mengimbas pada lingkungan masyarakat dan sekolah lain. Pemkab Karangasem senantiasa mendukung perlaksaaan UKS yang sudah berjalan relatif baik dengan meraih cukup banyak prestasi, antara lain tahun 1996 SD 4 Duda sebagai Juara I Prop. Bali dan masuk nominasi nasinal, tahun 2002 SD 2 Tianyar Barat Juara I Prop. Bali dan menjadi juara harapan III nasinal, tahun 202 juara 1 Propinsi dan mengukiti lomba dokter kecil SD 3 Budakeling dan masuk 10 besar tingkat nasional, tahun 2004 juara I Prop. Bali diraih SD 7 Tianyar Barat dan Juara harapan I nasinal pada Lomba UKS, tahun 2006 juara II Propinsi Bali diwakili SD I Tianyar Kubu, tahun 2008 juara I Propinsi Bali diwakili SD I Duda Utara dan dinilai tim UKS nasional tahun 2009, tahun 2009 SMAN 1 Sidemen sebagai juara I Propinsi Bali. Bupati menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh jajaran sekolah, komite dan pemerintah telah berjuang keras mengikut Lomba UKS untuk mewujudkan insan generasi sumber daya manusia yang berkualitas.


Tidak ada komentar: