Senin, 11 April 2011

PORSENIJAR 2011 KABUPATEN KARANGASEM RESMI DIBUKA HARI INI

11 / 04 / 2011 http://rgsfmradio.blogspot.com

PORSENIJAR 2011 KABUPATEN KARANGASEM RESMI DIBUKA HARI INI

Amlapura - Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) tahun 2011 Kabupaten Karangasem dibuka Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH ditandai dengan pemukulan gong (11-4-2011) di Lapangan Yowana Wijaya Amlapura.

Porsenijar Kabupaten Karangasem yang bertujuan untuk meningkatkan Prestasi dan menjaring atlet dan seniman yang berprestasi yang akan dipersiapkan ke tingkat Propinsi. Sementara itu, cabang olahraga dan bidang seni yang dipertandingkan antara lain olahraga meliputi Atletik, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Catur, sedangkan bidang seni meliputi menyalin huruf latin ke aksara bali tingkat SD, SMP dan SMA, melukis tingkat SD, SMP dan SMA, Mesatwa Bali tingkat SD, Macepat/Sekar Alit tingkat SD, Mapidarta Base Bali tingkat SMP, Mekidung/Sekar Madya tingkat SMP, Dharma Wecana tingkat SMA dan kekawin/sekar agung tingkat SMA.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, SH, sesaat sebelum membuka Porsenijar mengatakan, Porsenijar tahun 2011 merupakan tahapan pembinaan olahraga dan seni sebagai upaya, menggali potensi atlit dan seniman di masyarakat khususnya dilingkungan sekolah untuk diberdayakan dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga dan seni di Kab./ Karangasem. Wabup Sukerana merasa bangga karena adanya semangat dan partisipasi masyarakat dalam membangun keolahragaan dan seni di Kab Karangasem yang diperlukan ditengah keterpurukan prestasi dibidang olahraga yang nampak pada hasil Porsenijar tahun 2010 dimana Kab Karangasem masih berada pada peringkat terakhir.

Dikatakan olahraga dan seni merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya wajar untuk diterima secara universal bahwa olahraga dan seni difungsikan sebagai instrumen pembangun bangsa. Sebagai generasi penerus, siswa-siswi di sekolah menduduki peran penting dalam pembangunan. Sebagai komunitas dengan jumlah besar yang merupakan sasaran dan sekaligus kekuatan dalam rangka pembangunan bangsa perlu mendapat pembinaan dibidang olahraga dan seni untuk mengawal proses aktualisasi dan menuju insan Indonesia yang bugar, prestatif dan berkarakter. Disamping itu olahraga hendaknya tidak dipandang sebelah mata karena disamping memberi dampak menyehatkan badan olahraga juga merupakan salah satu eleme penting yang mengangkat harkat martabat dan gengsi daerah. Diharapkan kegiatan Porsenijar tahun ini dapat menjadi jawaban atas terpuruknya prestasi olahraga selama ini, sekaligus menjaring atlit berprestasi sesuai tema : Melalui Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Kab Karangasem Meningkatkan Pembinaan Olahraga dan Seni Budaya Pelajar sebagai ajang peningkatan prestasi. Kepada para atlet dan wasit diharapkan pula menjunjung sportifitas serta transparan memberi penilaian dan memimpin pertandingan sesuai aturan yang ada.

Porsenijar tahun ini yang di ikuti oleh 8 Kecamatan berjumlah 1.164 atlie dengan rincian Kec. Karangasem 225 atlet, Abang 138 atlet, Kubu 216 atlet, Bebandem 100 atlie, Selat 98 atlie, Sidemen 87 atlet, Rendang 90 atlet dan Kec Manggis 210 atlet. Kegiatan Porsenijar dilaksanakan di GOR Gunung Agung selama 3 hari dari tanggal 11 – 14 April 2011 dengan tempat bertanding di Lapangan Yowana Wijaya, Gedung Kesenian Amlapura Balai Banjar Janggapati, Gedung Yasa Kerti Amlapura dan Sekolah dilingkungan Kota Amlapura.

Tidak ada komentar: